Apa Saja Manfaat dari Tidur Siang? Simak di Sini! Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Apa Saja Manfaat dari Tidur Siang? Simak di Sini! Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Ingat

ilustrasi orang tidur siang--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBeberapa dari kita mungkin sangat sering tidur siang dan memberikan sedikit istirahat pada tubuh kita,tidur siang juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, mau tau apa aja manfaatnya? Yuk simak di sini.

Tidur memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga fokus dan kewaspadaan, meningkatkan mood, hingga menurunkan tekanan darah. Tidur siang tidak memerlukan waktu yang lama dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan Anda. Tidur siang di sela-sela aktivitas disebut juga power naps.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kurang tidur juga dapat melemahkan sistem imun tubuh. Tidur siang secara teratur sekitar 20-30 menit akan membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya.

BACA JUGA:Apa Saja Gerakan yang Dapat Membatalkan Salat? Simak di Sini, Muslim Wajib Tahu!

Tidur memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidur di siang hari juga dapat menurunkan kadar norepinefrin dan sitokin inflamasi yang mengatur sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan tidur siang hingga 30 menit. Hal itu menurut hasil penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Tokyo Jepang, bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat tidur siang bagi kesehatan jantung. Meski demikian, tidak ada salahnya menerapkan kebiasaan ini, mengingat tidur siang tetap memiliki banyak manfaat.

BACA JUGA:Apakah Benar Ceker Ayam Mengandung Tinggi Kolesterol? Berikut Ini Kata Ahli

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat tidur siang lainnya adalah membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari. Sebab, tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotorik, daya tanggap, dan kewaspadaan. Ini memudahkan Anda dan lebih konsisten dalam menyelesaikan tugas sehari-hari.

4. Menurunkan Tekanan Darah.

Kelelahan dan stres yang dialami seseorang dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sumber: