Apa Saja Manfaat dari Tidur Siang? Simak di Sini! Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Apa Saja Manfaat dari Tidur Siang? Simak di Sini! Salah Satunya Dapat Meningkatkan Daya Ingat

ilustrasi orang tidur siang--freepik

Namun kondisi ini bisa diminimalisir dengan istirahat dan tidur yang cukup, salah satunya melalui tidur siang. Tidur siang terbukti mengurangi produksi hormon stres kortisol, yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Seduh Kopi Tanpa Gula Namun Tetap Manis Sehat? Campurkan Bahan Ini!

5. Mengoptimalkan Daya Ingat.

Tidur siang secara teratur dapat meningkatkan kemampuan otak Anda dalam memproses dan mengingat hal-hal baru yang Anda pelajari. 

Tidur siang bahkan dapat mencegah gangguan daya ingat seperti demensia dan pikun. Namun, lain halnya jika tidur siang dilakukan terlalu lama dan sering. Sebab, hal tersebut sebenarnya bisa menjadi gejala demensia. Itu sebabnya penting untuk memperhatikan waktu tidur yang ideal.

6. Menjaga Konsentrasi dan Kewaspadaan

BACA JUGA:Apa Saja Khasiat Air Rebusan Serai bagi Tubuh? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

Manfaat tidur yang pertama adalah menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Ini karena tidur siang membantu mengurangi kadar adenosin di otak, yang menyebabkan rasa kantuk. Hal ini memungkinkan otak berfungsi maksimal untuk menjaga fokus dan kewaspadaan.

7. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan mood tampaknya menjadi salah satu manfaat tidur siang bagi wanita dan pria. Tidur yang cukup dapat mengembalikan energi sehingga secara tidak langsung meningkatkan mood. 

Tidur siang juga dapat mengurangi risiko depresi. Pasalnya, tidur siang dapat memberikan efek relaksasi saat Anda stres dan lelah karena rutinitas sehari-hari.

 BACA JUGA:Mengapa Begitu Sulit untuk Menjadi Bahagia? Ternyata Ini 7 Alasan yang Jarang Disadari!

8. Meredakan Stres

Kurang tidur menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak hormon kortisol, yang merupakan hormon stres. Lagi pula, stres yang tidak teratasi bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari karena siklus tidur-bangun Anda terganggu. 

Untuk menghilangkan stres akibat kurang tidur atau sebab lainnya, disarankan untuk menyisihkan waktu untuk tidur siang. Dengan bantuan tidur siang, Anda juga dapat menghilangkan sementara situasi stres atau ketegangan.

Sumber: