Fakta atau Mitos Makan Telur Bisa Membuat Luka Jadi Borok? Simak di Sini!

Fakta atau Mitos Makan Telur Bisa Membuat Luka Jadi Borok? Simak di Sini!

ilustrasi luka borok--freepik

BACA JUGA:4 Ciri-Ciri Orang yang Harus Kamu Jauhi Dalam Hidupmu

Oleh karena itu, anggapan bahwa makan telur bisa menyebabkan luka maag adalah salah. Mengonsumsi telur memang baik untuk penyembuhan luka. Selain telur, sumber protein lain yang juga bisa dikonsumsi antara lain daging merah, ayam, ikan, produk susu (susu, keju, dan yogurt), kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Saran diet untuk penyembuhan luka

Sebagian besar luka pada orang sehat sembuh dengan cepat jika dijaga kebersihannya. Namun pola makan sehat yang mencakup kalori, vitamin, mineral, dan protein dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Berikut tips diet untuk penyembuhan luka:

Siapkan makanan dan camilan yang sehat dan seimbang yang mencakup semua kelompok makanan dalam jumlah yang sesuai. Contohnya termasuk makanan berprotein tinggi, buah-buahan, sayuran, produk susu, dan biji-bijian.

BACA JUGA:Ternyata Ini 4 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Pria, yang Jarang Diketahui!

Untuk mendapatkan zinc yang cukup, pilihlah sereal yang diperkaya dan makanan kaya protein, seperti daging sapi, ayam, makanan laut, atau kacang-kacangan.

Beberapa luka mungkin memerlukan jumlah vitamin dan mineral yang lebih tinggi untuk mempercepat penyembuhan luka. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen baru.

Pastikan Anda mendapatkan cukup protein sepanjang hari dengan menambahkan sumber protein pada setiap makanan atau camilan. Contoh menu berprotein antara lain telur orak-arik untuk sarapan, taco kacang hitam untuk makan siang, yogurt untuk camilan, dan ayam untuk makan malam.

•Tetap terhidrasi dengan minum air atau minuman tanpa pemanis lainnya.

•Bagi penderita diabetes, kendalikan kadar gula darah untuk membantu mencegah perkembangan bisul dan mempercepat penyembuhan dan pemulihan luka.

BACA JUGA:Ternyata Kopi Luwak Lebih Sehat Daripada Jenis Kopi Lainnya, Berikut Simak Penjelasannya!

Hal ini menjelaskan kesalahpahaman bahwa telur dapat menyebabkan luka memborok. Jika luka tidak kunjung sembuh atau menunjukkan tanda-tanda infeksi, sebaiknya segera temui dokter.

Sumber: