Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

ilustrasi bahaya minum alkohol berlebihan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDAnda mungkin sudah sering mendengar berbagai informasi mengenai bahaya alkohol. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, mulai dari menyebabkan keracunan alkohol, merusak organ tertentu hingga memicu beberapa penyakit.

Pada prinsipnya minuman beralkohol dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, dan jantung.

Berbagai Resiko Alkohol Bagi Kesehatan

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat diakibatkan oleh konsumsi alkohol berlebihan:.

1. Peningkaan risiko kanker

BACA JUGA:Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan sangat terkait dengan peningkatan risiko terkena penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker lidah, kanker hati, kanker perut, dan kanker usus besar.

Pasalnya alkohol diketahui memiliki sifat karsinogenik yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu kanker.

2. Penyakit Jantung

Minuman beralkohol memang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Pasalnya, alkohol mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

BACA JUGA:Inilah 5 Resep Jus Pepaya, Dapat Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Namun bila dikonsumsi terlalu banyak atau sering, alkohol bisa berbahaya bagi kesehatan dan fungsi jantung. Pasalnya, terlalu banyak alkohol dalam darah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, irama jantung tidak teratur, dan melemahnya otot jantung, sehingga Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

3. Kerusakan Pada Otak

Salah satu bahaya alkohol yang tidak bisa dianggap remeh adalah terganggunya fungsi dan kinerja otak. Hal ini terjadi karena konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan zat tersebut menumpuk di otak dan merusak jaringan otak dan saraf.

Sumber: