Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Berikut Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

ilustrasi bahaya minum alkohol berlebihan--freepik

Konsumsi alkohol dalam jangka pendek dapat menimbulkan berbagai dampak pada otak, seperti sulit berpikir dan berkonsentrasi, tubuh gemetar, mengantuk, dan sakit kepala.Namun, alkohol dalam jangka panjang dapat merusak otak secara permanen dan menyebabkan gangguan mood, kehilangan ingatan, kehilangan koordinasi tubuh atau risiko penyakit tertentu seperti stroke, sindrom Wernicke-Korsakoff, demensia atau demensia. kecanduan, alkohol.

4. Gangguan sistem pencernaan

BACA JUGA:7 Dampak Negatif Terlalu Sering di Ruangan Ber-Ac

Konsumsi alkohol berlebihan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak tepat, sehingga Anda bisa mengalami kekurangan nutrisi.

Selain merusak pencernaan, alkohol juga dapat membahayakan kesehatan saluran cerna tubuh karena dapat menyebabkan radang lambung (gastritis), sakit maag, penyakit refluks, atau bahkan kanker saluran cerna.

5. Kerusakan Pankreas

Pankreas merupakan organ penting dalam tubuh yang berperan dalam proses pencernaan. Organ ini bertugas memecah karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan agar lebih mudah dicerna tubuh. Pankreas juga dapat memproduksi insulin untuk mengatur gula darah anda.

BACA JUGA:7 Dampak Negatif Terlalu Sering di Ruangan Ber-Ac

Saat Anda minum terlalu banyak alkohol, pankreas bekerja lembur untuk membantu memetabolisme alkohol. Namun jika Anda terlalu banyak minum alkohol, organ ini bisa rusak dan bisa terjadi pankreatitis (radang pankreas).

6. Ganguan Fungsi Hati

Hati merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia yang bertugas menetralisir racun dalam darah.

Di dalam tubuh, asupan Anda dipecah dan dimetabolisme di hati. Jika Anda sering minum terlalu banyak alkohol, fungsi hati akan terasa terganggu. Konsumsi alkohol berlebihan bahkan dapat merusak organ-organ tersebut.

BACA JUGA:Isu Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan: Tantangan dan Tunggu Keputusan Pemerintah Terkait Sistem Rawat Inap KRIS

Akibatnya hati dapat mengalami peradangan yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit hati seperti perlemakan hati (fatty liver), sirosis, hepatitis alkoholik bahkan kanker hati.

7. Efek Negatif Pada Sistem Sirkulasi

Sumber: