Menjelajahi Kekayaan Budaya Indonesia melalui 11 Cabang Olahraga Terpopuler

Menjelajahi Kekayaan Budaya Indonesia melalui 11 Cabang Olahraga Terpopuler

ilustrasi olahraga terpopuler--freepik

SILAMPARITV.CO.IDOlahraga merupakan salah satu kegiatan yang menjaga kesehatan. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi tontonan yang mengasyikkan. Meski banyak cabang olah raga, berikut 10 olah raga terpopuler di Indonesia.

Banyak faktor yang menentukan popularitas olahraga ini. Beberapa di antaranya adalah penggemar dan juga orang yang memainkannya dalam jumlah besar.

Inilah 11 besar cabang olahraga yang sangat populer di indonesia:

Mengutip Sports Coaching Planning Hariyanto dkk (2023:38), Indonesia membagi olahraga menjadi lima kelompok utama, yaitu pencak silat, olahraga permainan, olahraga air, olahraga pengukuran, dan olahraga konsentrasi.

BACA JUGA:8 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Penderita Obesitas: Mulai dari Sekarang!

11 Cabang Olahraga Terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Bulu Tangkis

Bulutangkis adalah olahraga yang dimainkan satu lawan satu atau dua lawan satu. Olah raga ini menggunakan alat yang disebut raket dan bulutangkis. Bulu tangkis dipukul dengan raket ke daerah lawan. Indonesia mempunyai banyak prestasi di bidang bulutangkis.

2. Sepak Bola

Sepak bola juga merupakan olahraga terpopuler di Indonesia bahkan dunia. Dalam olahraga ini, dua tim beranggotakan 11 orang bersaing untuk mencetak gol terbanyak. Olahraga ini sangat populer di kalangan masyarakat.

BACA JUGA:Olahraga yang Bikin Otakmu Makin Pintar dan Hebat, Zumba Masuk Daftarnya!

3. Basket

Seperti halnya sepak bola, bola basket juga menggunakan bola dalam permainannya. Bedanya, pemain bola basket bisa mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam ring menggunakan tangannya. Olahraga ini memiliki dua tim yang terdiri dari lima pemain di setiap pertandingan.

4. Tenis 

Sumber: