Membuat Tubuh Lebih Cepat Menua? Simak 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

Membuat Tubuh Lebih Cepat Menua? Simak 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

ilustrasi olah raga yang salah--freepik

3. Hanya Kardio 

BACA JUGA:Kue Lompong: Kelezatan yang Terselip di Balik Warna Hitamnya

Olahraga kardio seperti lari merupakan olahraga yang paling umum, termudah dan menyehatkan. Namun, jika Anda ingin tetap bugar seiring bertambahnya usia, Anda perlu memadukannya dengan latihan kekuatan.

Alasannya adalah kekuatan otot melemah seiring bertambahnya usia dan reaksi tubuh lebih lambat. Latihan kekuatan seperti angkat beban, jumping jack, dan sprint baik untuk meregangkan serat otot dan membakar kalori.

Sebuah penelitian Abbott-AARP menemukan bahwa orang Amerika berusia 50 tahun saat ini kekurangan kekuatan otot yang memadai. “Penelitian juga menunjukkan bahwa lebih banyak peserta yang hanya melakukan kardio, dan hanya seperempatnya yang mengangkat beban,” kata ahli gizi Tiffany Dewitt, menurut The Healthy.

4. Tidak melatih otot panggul 

BACA JUGA:Menggugah Selera dengan Kelezatan Nasi Liwet Solo yang Terinspirasi dari Nasi Samin

Kekuatan otot panggul mungkin bukan menjadi alasan utama mengapa Anda ingin berolahraga. Namun, jika kekuatan panggul tidak dilatih sejak kecil, Anda, terutama wanita, bisa jadi turut andil dalam melemahnya perut.

"Mengabaikan otot dasar panggul dapat membuat perut lebih mudah kembung dan kendur, kondisi yang sering dialami wanita setelah usia paruh baya," kata pelatih profesional Guy Andrew kepada majalah Prevention.

Panggul yang jarang dilatih juga dapat menyebabkan inkontinensia urin, atau ketidakmampuan menahan urin, sehingga urin bisa keluar secara tidak terduga.

Untuk menghindarinya, Anda harus melakukan 10 set Kegel setiap hari. Anda bisa melakukannya dengan menegangkan otot dasar panggul selama 3 detik tanpa menahan napas. Kemudian rilekskan kembali otot selama 3 detik. Lakukan ini hingga 10 kali.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Ikuti Langkah Mudah Membuat Crepes Menggunakan Teflon di Rumah

5. Lewati HIIT 

Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) terbukti sangat bermanfaat melawan tanda-tanda penuaan. Meski dilakukan sekitar 15-30 menit, HITT memberikan efek positif dalam pencegahan penuaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa orang berusia di atas 40 tahun yang berpartisipasi dalam HIIT mengalami peningkatan kapasitas mitokondria sebesar 69 persen, yang membantu tubuh menghasilkan energi, meningkatkan sensitivitas insulin, dan membantu mengurangi risiko diabetes.

Sumber: