Mengenal Makna Tari Saman; Pengertian, Sejarah, dan Keunikan

Mengenal Makna Tari Saman; Pengertian, Sejarah, dan Keunikan

Pertunjukan Tari Saman Foto--Instagram :-@ariabima_ab

SILAMPARITV.CO.ID - Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah, Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Bagaimana pengertian, sejarah, keunikan dan makna tari saman? Berikut ini penjelasannya!

Pengertian

BACA JUGA:Mengenal Tari Lilin Asal Minang: Busana, Sejarah, Musik, dan Fungsinya

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo dan biasanya ditampilkan dalam suatu perayaan penting di suatu peristiwa adat. 

Syair pada tariannya juga mempergunakan Bahasa-bahasa Gayo. Selain itu tarian ini juga kerap ditampilkan saat merayakan hari raya kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Nama tarian “Saman” diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, yakni Syekh Saman. 

Beberapa sejarah menyatakan Syekh Saman yaitu seorang ulama yang berasal dari Suku Gayo di Aceh Tenggaralah yang kemudian menemukan dan mendirikan tari Saman.  

BACA JUGA:Apakah Kalian Sedah Mengenali Tari Gambyong? Tarian Klasik Khas Surakarta Jawa Tengah

Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

SEJARAH

Tarian adat asal Aceh ini diciptakan oleh seorang ulama pada abad XIV Masehi, yakni Syekh Saman. Tari Saman berasal dari daerah dataran tinggi Gayo, yang secara administratif meliputi daerah kabupaten Aceh Tengah.

Pada awal perkembangannya, tarian ini dijadikan sebagai media dakwah kepada masyarakat setempat. Kala itu sebelum tarian dipertunjukan, pemuka adat akan melakukan pemberian nasihat untuk para penonton sekaligus para pemainnya sendiri. 

Sumber: