Pentingnya Mempunyai Hobi yang Bermanfaat Bagi Kehidupan: Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang

Pentingnya Mempunyai Hobi yang Bermanfaat Bagi Kehidupan: Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang

ilustrasi manfaat memiliki hobi--freepik

Dengan melakukan hobi yang bermanfaat, kemungkinan besar Anda akan menerima dukungan sosial sehingga Anda bisa bersenang-senang dan bersantai.

BACA JUGA:6 Tips Budidaya Ikan Arwana Agar Cepat Untung, Pemula Wajib Tau!

Selain hal di atas, hobi yang bermanfaat juga dapat menambah energi positif dalam diri Anda, mengarahkan passion, menambah penghasilan, memperluas ilmu, dll.

Hobi Juga bisa Meningkatkan Kualitas Hidup Kita Lho!

Terkadang kita sulit menemukan waktu untuk beristirahat dari beban hidup yang berat, bahkan lebih sulit lagi menemukan aktivitas yang bisa kita nikmati dengan tenang.

Hobi adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai dari rutinitas sehari-hari. Hobi juga sering disebut-sebut sebagai cara terbaik untuk menghabiskan "waktu saya" yang berkualitas. Orang-orang yang secara rutin menghabiskan waktu untuk melakukan hobinya akan lebih sedikit mengalami stres, depresi, dan kemurungan.

BACA JUGA:Kamu Hobi Nyanyi? Ini dia 3 Rekomendasi Mic Bluetooth dengan Koneksi Stabil

Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan seseorang secara sukarela ketika terbebas dari tuntutan pekerjaan atau tanggung jawab lainnya (untuk mengisi waktu luangnya).

Kegiatan menyenangkan ini sangat membantu, terutama pada saat stres atau pada masa pemulihan stres. Jadi bukan sebuah hobi jika membuat kita terobsesi, tertekan ketika sedang tidak enak badan, atau bahkan membuat kita melalaikan tanggung jawab.

Inilah sebabnya mengapa hobi sangat penting bagi kesehatan mental kita, karena menemukan aktivitas yang membuat kita lebih bahagia dan santai membuat kita menikmati hidup.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan pada saat stres dapat memberikan kondisi mental kita istirahat sejenak dan menyalurkan emosi negatif ke dalam aktivitas yang menyenangkan, sehingga menimbulkan emosi positif untuk mengurangi stres (sebagai bentuk relaksasi).

BACA JUGA:Hobi Pelihara Ikan Hias? Ini dia 5 Jenis Ikan Molly Unik dan Menarik

Melakukan hobi juga bisa menjadi "pemulih" yang membantu kita memulihkan diri dengan meningkatkan energi atau sumber daya lain dalam diri kita yang telah rusak atau terkuras selama masa stres.

Pemulihan dapat terjadi ketika aktivitas atau hobi yang dilakukan dapat menciptakan hubungan sosial positif yang membantu kita melihat dunia dengan lebih positif dan meningkatkan kualitas hidup kita. Oleh karena itu, hobi restoratif sebaiknya digunakan setiap minggu untuk menyediakan waktu luang dengan tujuan mengisi diri dengan energi positif.

Selain berguna untuk mengatasi stres, hobi juga dapat membantu Anda mengatur waktu. Jika kita berkomitmen meluangkan waktu untuk hobi kita setiap malam pukul 20.00, kita berusaha menyelesaikan pekerjaan kita lebih cepat sehingga tidak ada lagi waktu tersisa untuk hobi. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan Anda menunda-nunda tugas atau merasa kewalahan.

Sumber: