Membanggakan! Inilah 5 Pakaian Adat Asli Indonesia Terpopuler yang Sudah Mendunia

Membanggakan!  Inilah 5 Pakaian Adat Asli Indonesia Terpopuler yang Sudah Mendunia

ilustrasi baju kebaya--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTerdapat sekitar 10 kebudayaan Indonesia yang diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, dan 10 situs warisan dunia UNESCO juga terdapat di Indonesia. Hal ini menunjukkan betapa kayanya adat dan budaya nusantara ini.

Dari Sabang hingga Merauke kita bisa menemukan keanekaragaman yang menarik dan orisinalitas. Mulai dari bahasa, masakan, kesenian hingga pakaian adat, setiap provinsi di Indonesia mempunyai ciri khas yang berbeda-beda dan otentik. 

Bahkan beberapa di antaranya menjadi populer, termasuk kostum tradisional asli Indonesia. Penasaran seperti apa kostum tradisional Indonesia yang populer di seluruh dunia?

Simak artikel Bertikut mengenai pakaian adat Indonesia terpopuler berikut ini:

BACA JUGA:Apakah Kamu Tau Alat Musik yang Terkenal di Indonesia Ini Berasal dari Daerah Mana? Cek di Sini!

Pakaian tradisional Indonesia yang mendunia.

1. Kebaya dan Batik dari Jawa

Kostum tradisional pertama dan terpopuler di Indonesia adalah Kebaya. Sebagai pakaian adat Indonesia yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa, Kebaya yang dulunya digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, kini menjadi pakaian bergengsi untuk acara formal dan berbagai formalitas, seperti pernikahan, prom, diploma, dan acara kenegaraan.

Biasanya kebaya dipadukan dengan penggunaan kain batik pada bagian bawahnya. Batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO

BACA JUGA:Ini dia Asal Usul Kesenian Tari Jaranan, Salah Satu Kesenian Budaya Indonesia

Batik merupakan budaya Indonesia yang dikenal luas bahkan dipakai oleh banyak tokoh dunia, termasuk Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan.

2. Payas Agung Bali

Sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang mendunia, Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan pemandangan alamnya, namun juga keindahan kekayaan tradisi dan budayanya. 

Jalur ini memperkenalkan budaya Pulau Dewata Bali, serta ke seluruh dunia. Termasuk Payas Agung, pakaian tradisional Indonesia dari Bali. Pakaian Payas Agung sendiri merupakan pakaian pernikahan khas Bali.

Sumber: