Mengenal Congklak, Permainan Tradisional Anak Indonesia

Mengenal Congklak, Permainan Tradisional Anak Indonesia

Congklak--freepik

5. Setelah putaran pertama selesai, pemain mengisi rumahnya dengan benih. Jika ada yang tidak mengandung benih maka rumah dianggap terbakar.

6. Rumah  tidak dapat diisi selama ronde ini sampai ronde berakhir atau Lawan mengaku kalah. Pemenang ditentukan oleh pemain  yang memasang benih dalam jumlah banyak.

7. Jika jumlah benih setiap pemain sama maka pemenang dihitung dari nomor rumah yang tidak memuat Biji. Apabila pemain A mempunyai banyak rumah yang terbakar (tidak mengandung benih), maka A dinyatakan kalah.

BACA JUGA:Review Panasonic Lumix GH7: Revolusi Kamera Videografi dengan Perekaman 32-bit Float

BACA JUGA:Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Bau Badan

8. Pemenang ditentukan oleh pemain yang memasang benih paling banyak.

9. Jika jumlah benih setiap pemain sama maka pemenang dihitung dari banyaknya rumah yang tidak terisi benih sama. . Jika pemain A mempunyai banyak rumah yang terbakar (tidak berisi benih), maka A dinyatakan kalah.

Kelebihan dari permainan conglak:

kelebihannya yaitu sebagai berikut:

1. Melatih motorik halusCongklak merupakan permainan yang dapat melatih  motorik halus sehingga tangan anak menjadi lebih lentur.

2. Belajar berhitungCongklak juga mengajarkan anak berhitung saat menanam benih di rumah.

3. Belajar JujurAkhirnya anak akan terbiasa dengan kejujuran dan akan menerapkannya pada permainan congklak ketika mereka memasukkan setiap benih ke dalam rumah.

Sumber: