Wajib Coba! Inilah 9 Masakan Khas Suku Baduy dari Manis Sampai yang Asin

Wajib Coba! Inilah 9 Masakan Khas Suku Baduy dari Manis Sampai yang Asin

ilustrasi kue balok, makanan khas suku baduy--freepik

BACA JUGA:Saat Berkunjung Ke Laos, Inilah 8 Makanan yang Wajib Untuk Kamu Coba!

4. Kue Pasung Merah

Kue pasung merah merupakan masakan yang dibuat dari bahan utamanya yaitu tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Bahan-bahan inilah yang membuat kue pansung merah terasa manis karena gula, asin karena kelapa, dan kenyal berkat penggunaan tepung beras. Kue ini berbentuk kerucut dan biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

5. Gipang

Menurut Unej.ac.id, gipang merupakan masakan khas suku Baduy dari provinsi Banten yang terbuat dari beras ketan dan sirup gula. Makanan ini berbentuk persegi panjang dan memiliki rasa yang manis.

6. Apem Putih

BACA JUGA:Mienya Pedas Gurih, Mengenal Makanan Khas Aceh

Apem putih merupakan masakan khas Baduy yang terbuat dari beras yang digiling menjadi tepung. Tepung tersebut kemudian dicampur dengan pita hasil fermentasi, yang kemudian dibentuk menjadi apem kecil. Apem putih ini biasanya dimakan dengan gula merah yang sudah dicairkan.

7. Angeun Kotok

Angeun kotok merupakan masakan ayam khas Baduy dengan rasa yang asin namun tidak amis sehingga menciptakan pengalaman rasa yang luar biasa. Ayam angeun kotok juga sangat empuk karena masakan ini melalui proses memasak yang agak rumit. Pertama, ayam dibakar yang bertujuan untuk mengeluarkan kandungan minyak dan menimbulkan aroma gosong yang khas.

Setelah dipanggang, bumbu-bumbu enak yang terdiri dari bawang bombay, kunyit, jahe, dan honje ditambahkan ke dalam masakan untuk menghilangkan bau ikan. Ayam kemudian dimasukkan ke dalam santan dan ditambahkan tomat.

BACA JUGA: Serupa Tapi Tidak Sama, Inilah Perbedaan Kouigh Amann dan Cromboloni

8. Lalap Khas Baduy

Lalap Baduy merupakan masakan sayur-sayuran. Hidangan ini memiliki lauk pauk yaitu daun singkong, daun pepaya dan kacang panjang yang disajikan dengan sambal terasi. Lalap Baduy bukanlah hidangan utama, namun biasanya menjadi pelengkap hidangan utama.

9. Nasi Baduy

Sumber: