Guru Besar Unpad Mengungkap Manfaat Komik Sebagai Media Pendidikan Bagi Generasi Alpha

Guru Besar Unpad Mengungkap Manfaat Komik Sebagai Media Pendidikan Bagi Generasi Alpha

ilustrasi komik --freepik

SILAMPARITV.CO.IDKartun yang selama ini dianggap hanya sebagai media hiburan ternyata mempunyai manfaat positif dalam menunjang pendidikan.

Diteliti untuk meningkatkan kemampuan membaca dan belajar generasi muda khususnya generasi Alpha. Susanne menggunakan media kartun dalam penelitiannya karena kartun dinilai dapat memberikan dampak positif dalam berbagai konteks pendidikan.

Berdasarkan referensi penelitian terdahulu, diketahui bahwa kartun secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca siswa.

“Temuan ini menunjukkan bahwa kartun dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar berbagai mata pelajaran dan setting pendidikan,” kata Susanne pada Upacara Pengukuhan Guru Besar dan Kuliah Penelitian Unpad di Bandung pada Rabu, 24 Januari 2024.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Ini Cocok Bagi Kamu yang Mempunyai Hobi Olahraga

Susanne membuat pemaparan ilmiah mengenai “Ketahanan Alfamental Generasi melalui Komunikasi Kesehatan dan Narrative Storytelling”.

Bersama peneliti Pusat Penelitian Komunikasi Kesehatan Fikom Unpad, ia menerbitkan tiga serial kartun Petualangan Jojo Anak Jatinangor: "Sehat, Bahagia Saat Pandemi".

Kartun ini diterbitkan sebagai sumber edukasi penerapan pola hidup sehat di masa pandemi COVID-19 dan ditujukan untuk lingkungan kampus Jatinangor. Khususnya siswa sekolah dasar atau generasi alpha, dikutip dari situs resmi Unpad, Rabu (7 Februari 2024).

Ide pertama membuat komik 

BACA JUGA:Mengapa Siswa Banyak Alami Kekerasan dalam Kalangan Pelajar? Ini Penjelasannya!

Susanne menjelaskan, ide membuat komik dilatarbelakangi oleh tingginya tekanan mental yang dialami generasi alpha di masa pandemi COVID-19.

Hal ini dikarenakan sebagian besar generasi alpha hanya sebatas aktivitas rumah tangga saja. Mulai dari sekolah di rumah, bermain di rumah, hingga segala aktivitas di rumah dengan segala batasannya.

Akibat keadaan tersebut, Direktur Pusat Penelitian Komunikasi Kesehatan Fikom berinisiatif membuat kartun harian terkait protokol kesehatan untuk anak sekolah dasar.

Komik Petualangan Jojo Anak Jatinangor

Sumber: