Ini dia 6 Cara Memilih Dispenser yang Baik dan Benar

Ini dia 6 Cara Memilih Dispenser yang Baik dan Benar

ilustrasi dispenser--freepik

Terdapat dua jenis lokasi pemasangan botol galon pada alat distribusi piramida, yaitu beban atas (top load) dan beban bawah (bottom load).

Memuat dari bawah lebih mudah karena tidak perlu mengangkat botol galon. Produk seperti ini cocok untuk wanita atau orang yang tubuhnya tidak terlalu besar. 

5. Pertimbangkan biaya operasionalnya

Selain jenis dispenser, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya perawatan , konsumsi listrik , penggunaan air, dan lain- lain.

Hal ini sangat penting karena dispenser merupakan perangkat elektronik yang akan digunakan sehari-hari. Untuk itu, perhatikan poin-poin di bawah ini sebelum menentukan pilihan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Lotion Alami untuk Mencegah Kulit Belang

Perhatikan jumlah air yang dibutuhkan. Anda perlu menghitung jumlah botol galon yang Anda butuhkan dalam sebulan. Selain itu, pilihlah merek yang dapat dipercaya dan perhatikan harga serta ketersediaan di dekat Anda.

Perhatikan harga beli distributor. Ada banyak private label brand yang beredar di pasaran dengan keunggulannya masing-masing. Pilihlah distributor dengan harga dan keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Pilih model yang hemat energi. Untuk menekan tagihan listrik Anda, pilihlah distributor dengan fitur hemat energi yang total kapasitasnya biasanya tidak melebihi 200 watt. Ingatlah untuk mematikan fungsi air dingin atau panas bila tidak diperlukan.

6. Perhatikan fitur keamanan dispenser dan fitur lain yang ditawarkan

BACA JUGA:Apakah Hamil di Usia Tua Berisiko Lahirkan Anak Down Syndrome? Cek di Sini!

Sebagai peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan, fungsi dispenser juga patut Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa fitur yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan.

Aman untuk anak-anak. Fungsi ini biasanya berupa pengunci pada tombol air panas. Pengunci ini akan menghindarkan anak Anda dari terkena air panas jika tanpa sengaja ia menekan tombol dispenser air. 

Antibakteri dan antijamur. Dispenser galon bagian bawah biasanya dilengkapi dengan tangki air. Beberapa produk baru melengkapi tangki dan pipanya dengan sifat antijamur dan antibakteri untuk menjaga kebersihan air minum.

Membersihkan diri. Fitur ini memudahkan pembersihan dispenser karena Anda tidak perlu membersihkannya secara manual. Beberapa dispenser galon bawah dari merek terkenal dilengkapi dengan fitur ini.

Sumber: