Hati-hati! Inilah 5 Buah yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Hati-hati! Inilah 5 Buah yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

ilustrasi buah nanas--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSecara umum, banyak jenis buah yang mengandung nutrisi berbeda-beda yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. 

Namun ternyata ada beberapa buah-buahan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil karena bisa menimbulkan masalah saat hamil, apalagi jika dimakan berlebihan.

Bahkan, ada beberapa buah yang disebut-sebut bisa membahayakan janin. Lantas apakah benar atau hanya mitos belaka? Dan buah apa saja yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar buah-buahan terlarang untuk ibu hamil:

BACA JUGA:Dampak Berat Mempunyai Hobi Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Selain mengetahui buah-buahan yang baik untuk kehamilan, para ibu juga perlu mengetahui dan membatasi konsumsi buah-buahan terlarang untuk ibu hamil. Berikut penjelasan selengkapnya masing-masing.

1. Nanas

Gagasan bahwa nanas merupakan salah satu buah terlarang untuk ibu hamil sebenarnya cukup lumrah di masyarakat. Pasalnya banyak orang yang percaya bahwa buah ini bisa menyebabkan keguguran atau cacat lahir karena kandungan enzim bromelain di dalamnya.

Bromelain dalam bentuk tablet umumnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Zat ini diketahui mengganggu keseimbangan protein tubuh dan menyebabkan pendarahan.

BACA JUGA:Ini dia 6 Tips Diet untuk Menambah Berat Badan yang Aman dan Sehat

Di sisi lain, kandungan bromelain pada nanas yang dikonsumsi secara alami sebenarnya cukup rendah sehingga tidak mempengaruhi kondisi janin atau ibu hamil.

Namun bromelain pada nanas dapat menyebabkan kontraksi rahim jika dikonsumsi berlebihan. Jika kehamilan masih kecil, kontraksi dapat membahayakan kondisi janin.

2. Durian

Selain nanas, banyak yang menganggap durian sebagai buah yang tidak boleh dimakan saat hamil. Faktanya, durian cukup aman untuk ibu hamil asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak. Pasalnya, durian banyak mengandung gula dan karbohidrat.

Sumber: