Hati-hati! Inilah 5 Buah yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Hati-hati! Inilah 5 Buah yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

ilustrasi buah nanas--freepik

BACA JUGA:Nutrisi yang Terkandung dalam Labu Kuning dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Namun durian dikhawatirkan menyebabkan penambahan berat badan pada janin sehingga dapat mempersulit proses persalinan. Wanita hamil dengan diabetes, hipertensi, dan obesitas disarankan untuk menghindari durian selama beberapa waktu untuk mencegah kondisi tersebut semakin parah.

3. Nangka

Nangka merupakan salah satu pantangan makanan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan diabetes gestasional karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

Selain itu konsumsi buah nangka secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ibu hamil tetap bisa mengonsumsi buah nangka dalam jumlah cukup sebagai camilan kaya serat.

4. Pepaya mentah

BACA JUGA:Apakah Aman Menggunakan Produk yang Mengandung Alkohol pada Wajah? Berikut Penjelasannya!

Pepaya mentah termasuk dalam kategori buah terlarang untuk ibu hamil karena mengandung papain dan lateks yang berbahaya bagi ibu dan janin. Lateks dapat menyebabkan kontraksi rahim. Di saat yang sama, papain bisa mempercepat persalinan. 

Kedua bahan ini dapat menimbulkan reaksi alergi yang berbahaya bagi kesehatan.Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi pepaya. Jangan lupa konsumsi juga pepaya matang.

5. Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi. Meski demikian, ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi kurma terlalu banyak. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

Alasan mengapa kurma termasuk buah terlarang untuk ibu hamil adalah karena kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi sehingga berisiko terjadinya obesitas bahkan gula darah tinggi. Jika bunda ingin mengonsumsinya, jumlah kurma yang dianjurkan adalah 1-2 buah per hari.

Inilah penjelasan beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Sebenarnya konsumsi buah sangat dianjurkan untuk diet seimbang bagi ibu hamil, namun ada baiknya membatasi konsumsi banyak buah-buahan di atas.

Sumber: