Ketahui Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 8 Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 8 Cara Mengatasinya

ilustrasi perawatan bibir kering--freepik

3. Pastikan tubuh Anda terhidrasi

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah. Oleh karena itu, usahakan selalu untuk menghidrasi tubuh dengan minum air putih minimal dua liter sehari.

BACA JUGA:Apakah Aman Menggunakan Produk yang Mengandung Alkohol pada Wajah? Berikut Penjelasannya!

Perawatan bibir pecah-pecah ini sebenarnya sangat mudah, namun seringkali orang tidak menyadari kalau dirinya sedang kering sehingga sering diabaikan.

4. Hindari alergen

Jika Anda memiliki bibir sensitif, bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh reaksi alergi tubuh Anda terhadap sesuatu. 

Jika hal ini terjadi, usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan alergen (bahan penyebab alergi). Tes alergi yang umum meliputi lipstik, produk perawatan bibir, dan makanan tertentu.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

5. Hindari eksfoliasi bibir

Cara mengatasi bibir pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menghindari eksfoliasi bibir. Pasalnya, mengelupas bagian bibir yang kering hanya akan menyebabkan bibir terasa sakit, berdarah, bahkan menyebabkan peradangan atau infeksi pada luka terbuka tersebut.

6. Memilih lipstik yang tepat

Lipstik merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan pada bibir. Jika salah satu bahannya adalah alkohol. 

BACA JUGA:11 Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Cara Mengobatinya

Namun produsen kosmetik biasanya menggunakan alkohol yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi sebagai emolien sehingga dapat melembutkan bibir. Namun alkohol memiliki kemampuan untuk menguap dengan cepat sehingga bibir bisa cepat kering.

Jika Anda memiliki masalah bibir pecah-pecah, pilihlah lipstik yang memiliki bahan tambahan yang sama dengan bahan utama lip balm atau pelembap bibir. Ini menjaga kelembapan bibir Anda lebih lama, meskipun Anda memakai lipstik sepanjang hari.

Sumber: