Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa, Ini Alasannya

Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa, Ini Alasannya

ilustrasi ibu hamil --freepik

BACA JUGA:5 Cara Mencuci Baju Rajut Agar Tidak Mudah Rusak dan Melar

Selain itu, ibu hamil biasanya mengalami mual di pagi hari pada trimester pertama. Morning Sickness adalah mual dan muntah yang dialami sebagian wanita pada trimester pertama. 

Morning Sickness biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal pada ibu hamil.

Biasanya pada saat mual di pagi hari nafsu makan ibu juga menurun, oleh karena itu tidak disarankan bagi ibu hamil untuk tidak berpuasa pada trimester pertama, karena janin membutuhkan banyak nutrisi pada periode tersebut.

Pada trimester kedua, usia janin 13-24 minggu. Secara umum, ibu hamil jarang mengalami mual di pagi hari. 

BACA JUGA:Dede Sunandar Didiagnosis Menderita Pneumonia, Badannya Lemas dan Sulit Berjalan

Meski demikian, kebutuhan gizi dan gizi janin masih sangat diperlukan pada tahap ini. Jika tidak ada keluhan, ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika ingin berpuasa. Jika ibu hamil mempunyai keluhan, maka puasa tidak dianjurkan karena membahayakan kesehatan janin.

Pada trimester ketiga, bayi sebagian besar sudah siap dilahirkan, dan nutrisi serta nutrisi yang tepat tetap diperlukan. tumbuh kembang anak hingga lahir. Secara umum, ibu hamil trimester ketiga diperbolehkan berpuasa selama kehamilannya sehat.

Syarat puasa bagi ibu hamil

Biarpun ibu hamil dalam keadaan sehat, tetap perhatikan kesehatan anak. janin sangat diperlukan. Namun jika ibu sedang berpuasa, perhatikan nutrisi dan kebutuhan janin. 

Konsumsi makanan selama hamil adalah 50 persen karbohidrat, 25 persen protein, 10-15 persen lemak sehat, serta tidak lupa konsumsi vitamin dan mineral.

BACA JUGA:Rekomendasi Dompet Cantik untuk Pesta, Suguhkan Tampilan Menjadi Lebih Elegan

Selain itu, ibu juga sebaiknya memperhatikan berat badan hamil selama berpuasa. Jika ibu mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba, maka ibu harus memperhatikan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh janin. Penurunan berat badan yang cepat dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Saat berbuka puasa dan sahur, pastikan memilih menu yang mengandung nutrisi dan gizi yang diperlukan ibu dan janin. Sayuran seperti brokoli, wortel, dan asparagus bisa menjadi menu berbuka puasa atau sahuri.

Kelompok ibu hamil yang tidak boleh berpuasa

Sumber: