Pengertian, Rukun, Niat, dan Keutamaan Berpuasa

Pengertian, Rukun, Niat, dan Keutamaan Berpuasa

ilustrasi puasa--https://dinkes.acehprov.go.id/detailpost/tips-penting-jalani-puasa-agar-tetap-sehat

SILAMPARITV.CO.IDBulan suci Ramadan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Selama bulan suci ini, umat muslim akan berpuasa  menahan diri dari lapar, haus dan nafsu selama sebulan penuh.

Pada kalender hijriah, bulan suci Ramadan merupakan bulan ke 9 dan bulan suci yang penuh dengan kemuliaan. Bulan ini juga banyak memiliki keistimewaan dan bertabur pahala bagi siapa saja yang menjalankan semua ibadah di dalamnya.

Begitu banyak keistimewaan yang bisa kita dapat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sebelum membahasnya lebih lanjut, baiknya umat muslim mempersiapkan diri terkait pengetahuan dasar tentang Ramadan tersebut. Dengan memahami pengetahuan dasar tentang Ramadan akan menambah kekhusyukan kita sebagai muslim.

Pengertian Puasa Ramadan

BACA JUGA:Benarkah Tidur Setelah Sahur dan Sholat Subuh Dapat Melalaikan Rejeki? Berikut Penjelasannya!

Bulan Ramadan merupakan bulan yang diwajibkan untuk seluruh umat Islam melaksanakan puasa. Puasa sendiri bermakna menahan, atau dalam istilah bahasa disebut "As-shaum". As-shaum berarti cara kita menahan diri dari perbuatan serta hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Dalil Puasa Ramadan

Adapun yang mendasari umat islam untuk menjalankan puasa Ramadan, salah satunya firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْن

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

BACA JUGA:5 Hiasan Meja Bunga Cantik untuk Merayakan Lebaran 2024

Dalam sebuah hadis juga pernah Rasulullah SAW bersabda:

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Artinya: "Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Syaban sampai tiga puluh hari" (HR. Bukhari-Muslim).

Rukun Puasa Ramadan

Rukun puasa Ramadan merupakan bagian penting agar puasa yang dijalankan dapat dianggap sempurna. Dilansir dari situs resmi Badan Amil Zakat Nasional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa.

1. Niat

Untuk menunaikan ibadah puasa, kita harus berniat dengan hati yang ikhlas sebelum terbit fajar. Niat ini dapat dilakukan di dalam hati ataupun diucapkan.

 BACA JUGA:Top 5 Kampus Terbaik di Indonesia

Bacaan niat puasa Ramadan yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta'ala.

artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala".

Lalu, ada juga niat puasa untuk satu bulan penuh yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

BACA JUGA:Tips Konsisten Membaca Alqur’an Saat Ramadhan

Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta'ala.

Artinya : "Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta'ala."

2. Menahan diri

Setiap menjalankan ibadah berpuasa kita wajib menahan diri dari makan, minum, dan segala  aktivitas yang dapat membatalkan ibadah puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

3. Menjauhi perilaku yang dapat merusak ibadah puasa

Selain menahan diri dari makan dan minum, orang yang menunaikan puasa juga harus menghindari perilaku yang dapat merusak ibadah puasa seperti, berkata kasar, berbohong, dan perilaku maksiat lainnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Menu Makan Sehat untuk Berbuka Puasa, Menyegarkan Tubuh Setelah Seharian Puasa

4. Memiliki kesadaran untuk beribadah

Seseorang yang menjalankan ibadah puasa harus dengan penuh kesadaran atas tujuan dan makna dari puasa Ramadan itu sendiri.

Keutamaan Puasa Ramadan

Dikutip dari situs Kemenag RI, banyak keutamaan yang dapat dirasakan saat seseorang menjalankan ibadah puasa Ramadan antara lain:

1. Mendapat balasan langsung dari Allah SWT

Allah berfirman dalam hadist qudsi : "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum, dan syahwatnya karena taat kepada perintahKu (Allah). Puasa adalah untukKu (Allah) dan aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kai lipat gandanya".

BACA JUGA:Berikut Do'a Saat Berbuka Puasa Bersama dan Sendiri

2. Masuk surga melalui pintu Rayyan

Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda: "Barangsiapa yang menafkahkan sepasang binatang yakni dua ekor kuda, lembu ataupun unta dalam kepentingan fisabilillah maka ia akan dipanggil dari semua pintu surga dengan ucapan: "Hai hamba Allah, inilah yang lebih baik. Maka jikalau seorang itu dari golongan ahli salat, ia akan dipanggil dari pintu salat. Barangsiapa yang termasuk dalam ahli jihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa yang termasuk dalam ahli puasa, ia akan dipanggil dari pintu Rayyan. Artinya, puas atau kenyang minuman. Barangsiapa yang termasuk dalam ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah."

3. Diampuni dosa-dosa terdahulu

Dari Abu Hurairah RA. bahwasanya Nabi SAW., bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena didorong oleh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka diampunkanlah untuknya dosa-dosanya yang terdahulu,"

4. Dijauhkan 70 tahun dari neraka

Dari Abu Said RA.: "Rasulullah SAW., bersabda: "Tiada seorang hambapun yang berpuasa sehari dengan niat fisabilillah yakni semata-mata menuju kepada ketaatan kepada Allah, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya yakni dirinya karena puasanya tadi, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun dari neraka,"

BACA JUGA:Bingung Mau Naik Apa Saat Mudik ? Berikut Rekomendasi Transportasi Saat Mudik di Tahun 2024

5. Ada keberkahan di dalam setiap makan sahur

Dari Anas RA. berkata: Rasulullah SAW., bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan," (HR Muslim).

6. Selalu dalam kebaikan selama berbuka

Dari Sahal bin Saad RA: Bahwa Rasulullah SAW., bersabda: "Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka," (HR Muslim).

Begitulah tadi penjelasan mengenai puasa Ramadan. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru bagi yang ingin menjalankan ibadah puasa pada tahun ini.

BACA JUGA:Menemukan Kebaikan Dalam Puasa Ramadan, Keberkahan Dalam Kegiatan Positif

Sumber: