Siap-siap! KPU Akan Umumkan Hasil Pemilu Senin Ini, 18 Maret 2024

Siap-siap! KPU Akan Umumkan Hasil Pemilu Senin Ini, 18 Maret 2024

tangkapan layar ketua KPU saat rapat pleno--ANTARA FOTO

SILAMPARITV.CO.IDSiap-siap, kabarnya hasil pemilihan umum (Pemilu) akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (18/3/2024). 

Sebelum pengumuman, KPU akan menyelesaikan proses rekapitulasi suara pada lima Provinsi yang tersisa yakni Maluku, Papua, Jawa Barat, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. 

Jika rekapitulasi nasional dari kelima provinsi itu sudah selesai, maka artinya KPU telah menyelesaikan rekapitulasi di 38 provinsi yang ada di Indonesia. 

KPU pun akan langsung mengumumkan dari hasil Pemilu 2024. 

BACA JUGA:Kantor PPA TNBBS Lampung Dibakar, Polisi Ringkus 5 Warga Diduga Pelaku!

“Prinsipnya ketika semua sudah selesai maka langsung akan ditetapkan oleh Ketua KPU RI,” ujar Idham Holik, Komisioner KPU dikutip dari laman kompas.com, pada Senin (18/3/2024).

Dungkapkan oleh Idham, bahwa tim KPU Jawa Barat akan dijadwalkan tiba di Kantor KPU Pusat pada Senin pagi.

Selanjutnya, tim KPU Provinsi Papua Barat Daya dijadwalkan tiba pada Senin siang kisaran pukul 12.00 WIB. 

Kemudian, untuk tim dari Papua dan Papua Pegunungan dijadwalkan akan tiba sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan, dari tim Provinsi Maluku dijadwalkan tiba sekitar pukul 20.00 WIB. 

BACA JUGA:Benarkah Honorer Tak Akan Dapat THR? Ini Kata Pemerintah!

Untuk diketahui, KPU baru merampungkan rekapitulasi suara untuk Pemilu 2024 tingkat nasional sebanyak 32 provinsi di Indonesia. 

Malam ini, KPU akan mengadakan rekapitulasi suara untuk Provinsi Papua Tengah, sehingga jumlah provinsi yang selesai hari ini total keseluruhan menjadi 33 provinsi.

Berdasarkan informasi yang tertera dari laman kompas, sejauh ini pasangan calon (paslon) untuk pemilu 2024, yakni nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih terus unggul di 30 provinsi.

Selanjutnya, capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di dua provinsi yakni Sumatera Barat dan Aceh.

Sumber: