Gempa Berkekuatan M 7,7 Terjang Taiwan, Memicu Banyak Gedung Runtuh

Gempa Berkekuatan M 7,7 Terjang Taiwan, Memicu Banyak Gedung Runtuh

--

SILAMPARITV.CO.IDGempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,7 menerjang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi memicu banyak gedung dan bangunan runtuh.

Jaringan internet dan listrik di wilayah yang memisahkan diri dari China itu pun dilaporkan sempat terputus imbas guncangan gempa.

Gempa berlangsung sekitar pukul 07.58 waktu lokal ini berpusat sekitar 25 kilometer dari tenggara kota Hualien dengan kedalaman 15,5 kilometer.

Getaran gempa terasa hingga selatan Jepang, hingga memicu peringatan tsunami dan peringatan evakuasi. Gempa taiwan ini terasa hingga di Jepang, China, dan Filipina.

BACA JUGA:Lagi-lagi Jepang Dilanda Wabah Penyakit Mematikan, Ini dia Gejalanya

Lebih dari 50 orang terluka, beberapa diantaranya terjebak di gedung dan terowongan di sekitar kota. Pusat gempa terletak sekitar 18 km di selatan kota Hualien, Taiwan, menurut Survei Geologi AS.

Gempa ini merupakan gempa bumi terkuat di Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

Dari sejumlah video dan gambar yang tersebar di media sosial dan media lokal Taiwan menunjukan beberapa gedung di kota Hualien runtuh tak lama usai gempa menerjang. 

Warga yang berada di sekitar gedung itu pun panik. Beberapa video yang tersebar di media sosial memperlihatkan mobil dan truk bergoyang kencang saat sedang melaju di jalan tol. Sementara itu, beberapa jalan retak hingga amblas imbas gempa, juga sebuah bukit di suatu daerah di Hualien terlihat longsor tak lama usai gempa terjadi.

BACA JUGA:Fenomena 'Pemurnian Darah': Misteri Kecantikan Viral yang Mengguncang China

Sekitar 87 ribu rumah juga dilaporkan mati listrik imbas gempa. Sistem kereta api bawah tanah dan kereta cepat Taiwan juga ditangguhkan sementara waktu sampai waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, di Ibu Kota Taipei, guncangan gempa juga terasa sangat besar dan beberapa saksi mata melaporkan beberapa gedung terlihat bergoyang kencang.

Meski begitu, belum ada laporan kerusakan dan perkiraan soal potensi korban di Taipei.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menuturkan gempa Taiwan terasa hingga 3 negara yakni Jepang, Filipina, dan beberapa wilayah China.

Sumber: