Jangan Sesekali Berkata Kasar ke Ibu, Berikut Peringatan Serta Pesan Dari Al-Quran

Jangan Sesekali Berkata Kasar ke Ibu, Berikut Peringatan Serta Pesan Dari Al-Quran

Ilustrasi Berbakti Kepada Ibu--

SILAMPARITV.CO.ID - Di era sekarang maraknya generasi muda yang masih berkata kasar kepada orang tuanya, terutama kepada ibu. Bahkan, mereka selalu melawan apa yang diperintahkan kedua orang tuanya. 

Padahal sudah jelas, di dalam Al-Quran sudah diingatkan agar selalu menghormati dan menyayangi kedua orang tua. Berkata "ah" saja dilarang diucapkan seorang anak kepada kedua orang tuanya apalagi sampai berkata kasar kepadanya.

Dijelaskan di dalam Al-quran surat Al-Isra' ayat 23, Allah SWT berfirman:

"Tuhanmu (Allah SWT) telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia (Allah SWT) dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS Al-Isra' [17]: 23). 

BACA JUGA:Kompak! SMPN Selangit Musi Rawas Goes To Lampung dan Pahawang Antar Guru

Ayat di atas menjelaskan bahwa kewajiban pertama dan yang paling utama seorang manusia adalah mengesakan, mentauhidkan diri kepada Allah SWT dan beribadah hanya kepada-Nya serta yang selanjutnya perintah selalu berbakti kepada kedua orang tua. 

Dalam Tafsir Al-Misbah, M Quraish Shihab mengatakan, harus dipahami bahwa bakti kepada orang tua yang diperintahkan agama Islam adalah bersikap sopan, santun, ramah kepada keduanya dalam ucapan dan perbuatan sesuai dengan adat kebiasaan masyarakat sehingga mereka merasa senang terhadap kita serta mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka yang sah dan wajar sesuai dengan kemampuan kita sebagai anak dan baktinya anak kepada orang tuanya.

Hal lain juga dimaksudkan  bahwasanya agar mereka selalu mensyukuri kebaikan kedua ibu bapak, betapa beratnya penderitaan yang sudah mereka alami, baik ketika saat melahirkan maupun ketika kesulitan dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan anak, mengasuh serta mendidik anak-anak dengan penuh kasih sayang. 

Maka dari itu pantaslah apabila anak harus berbuat baik kepada kedua ibu bapak, harus dijadikan sebagai kewajiban yang paling penting di antara kewajiban-kewajiban yang lainnya, dan Allah SWT meletakkan dalam urutan yang kedua sesudah kewajiban manusia beribadah hanya kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Obat-Obatan Lokal

Allah SWT berfirman:

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), ”Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, dan berbuat baik kepada ibu bapak." (QS al-An‘am [6]: 151).

Maka dari itu, sebagai umat muslim, hendaknya kita tidak pernah membentak-bentak kedua orang tua, apalagi melakukan yang lebih buruk dari membentak tersebut. Ucapkanlah kepada kedua orang tua dalam setiap percakapan perkataan selalu yang mulia yaitu perkataan yang baik, lembut dan penuh kebaikan serta penghormatan kepada keduanya.

BACA JUGA:Keren! Seorang Pria Asal Makassar Hobinya Kuliah, Punya 45 Gelar Akademik

Sumber: