Rasulullah SAW Menganjurkan Untuk tidak tidur Usai Sholat Subuh, Ini Lima Manfaatnya

Rasulullah SAW Menganjurkan Untuk tidak tidur Usai Sholat Subuh, Ini Lima Manfaatnya

Ilustrasi Tidur Ketika Usai Shalat Subuh--

SILAMPARITV.CO.ID - Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk tidak tidur setelah Shalat subuh. Pagi hari merupakan waktu yang sangat diberkahi oleh Allah SWT serta dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan yang berguna.

Dikutip dari Healthline, Jumat, 29 Desember 2023, berikut 5 (Lima) manfaat bangun lebih pagi.

1. Lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Jika kita dalam kondisi tinggal bersama orang lain, anak kecil atau lansia, bangun di pagi hari dapat memberi waktu yang sangat kita butuhkan untuk diri sendiri. Yang artinya lebih banyak waktu untuk menyesap kopi secara perlahan sambil membalik-balik kertas atau sekadar untuk menikmati keheningan, yang dapat membantu mempersiapkan diri menghadapi hari-hari yang sibuk. Sehingga hari-hari akan menjadi lebih produktif.

BACA JUGA:Ingin Mengatasi Gundah Gulana? Berikut Dzikir yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Dibaca Sebelum Tidur Ya!

2. Lebih banyak waktu untuk berolahraga

Berolahraga itu penting untuk kondisi badan supaya tetap bugar akan tetapi sering terjadi kesulitan untuk menemukan waktu, bangun pagi bisa menjadi solusinya. Berolahraga terlebih dahulu akan mengatasi godaan untuk melewatkan olahraga, dengan pekerjaan atau komitmen sosial di kemudian hari atau karena kelelahan biasanya.

Olahraga memicu lonjakan endorfin yang akan membuat seseorang merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan stres serta kecemasan, dan meningkatkan tingkat energi. 

3. Membantu ritme sirkadian

BACA JUGA:Berikut Doa yang Sering Dilantunkan Rasulullah SAW Ketika Selesai Shalat Tahajud

Matahari merupakan jam alarm terbaik. Dan ini akan membantu Anda mendapatkan jadwal tidur serta bangun dengan jangka panjang yang berkualitas.

“Dengan mendapatkan cahaya matahari pertama di pagi hari akan membantu mengatur ritme sirkadian kita,” kata Annie Miller, ahli pengobatan perilaku tidur, dikutip Nike.

Ritme sirkadian merupakan siklus internal tubuh selama 24 jam yang akan merespons perubahan cahaya.

Mengawali hari dengan cahaya matahari pagi juga membuat tubuh kita siap untuk tidur ketika hari sudah gelap. 

BACA JUGA:Ada Sunnah Rasulullah SAW yang Mulai Ditinggalkan Saat Ini

“Dengan bangun lebih awal dan mendapatkan isyarat tersebut, di pagi hari juga dapat membantu isyarat di malam hari, sehingga lebih mudah untuk tertidur,” Miller

4. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Pada sebuah studi menemukan bahwa orang yang bangun lebih awal akan memanfaatkan lebih banyak lemak selama istirahat serta berolahraga. Mereka juga akan lebih sensitif terhadap insulin. Hal tersebut dapat diterjemahkan menjadi risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Selain hal tersebut, penelitian tersebut menemukan bahwa orang-orang yang bangun lebih awal juga akan melakukan lebih banyak aktivitas fisik di pagi serta di tengah hari. Denga bergerak lebih banyak dapat akan melakukan keajaiban bagi kesehatan kita, hal tersebut akan mengurangi risiko segala sesuatu mulai dari penyakit kardiovaskular, kecemasan, beberapa kanker dan banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:Rasulullah SAW Memberi Peringatan Bagi Seseorang yang Sering Tertawa Terbahak-bahak, Berikut Penjelasannya!

5. Menjaga kesehatan mental

Dengan bangun di awal waktu tak hanya berdampak pada fisik akan tetapi akan berdampak juga ke mental. Bangun pagi hari akan dapat membantu mengatur suasana hati kita serta meningkatkan kesehatan mental. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gangguan ritme sirkadian dapat memperburuk gejala pada orang yang sering cenderung mengalami gangguan suasana hati seperti, gangguan depresi mayor serta kecemasan. Akan tetapi, perlu diingat, gangguan mood juga akan dapat menyebabkan gangguan tidur.

Salah satu dari banyak cara untuk mengatasi depresi adalah dengan menetapkan atau menerapkan pola tidur yang lebih konsisten dengan siklus terang dan gelap alami.

 BACA JUGA:Nasihat Rasulullah SAW: Kaya dengan Cara Zalim Ibarat Makan tak Pernah Kenyang

Sumber: