7 Tips Cara Budidaya Ikan Channa Agar Cepat Sukses

7 Tips Cara Budidaya Ikan Channa Agar Cepat Sukses

Tips, Cara Budidaya Ikan Channa Agar Cepat Sukses--

BACA JUGA:8 Jenis Ikan Guppy yang Cocok Dijadikan Bisnis

3. Proses pemijahan

Proses yang selanjutnya adalah proses pemijahan indukan ditempatkan dalam suatu kolam berukuran tidak terlalu sempit ukuran minimal kolam biasanya sekitar delapan kali lima kali tiga meter dengan tinggi air sekitar 60 cm dan air pun mengalir gunanya agar indukan nyaman dalam masa pemijahan.

4. Penetasan telur

Setelah proses pemijahan telur diambil menggunakan skopnet halus dan telur siap ditetaskan sebaiknya diawasi dan dipindahkan pada akuarium bening berukuran sekitar 70 x 50x 50 cm dengan ketinggian air kira-kira 50 cm dan suhu air normal pada 20-23 derajat Celcius berikan jarak pada setiap kumpulan telur ikan channa sekitar 5 sampai 6 butir per sentimeter persegi.

BACA JUGA:Mengenal Habitat Asli Ikan Guppy, Simak Disini!

telur-telur ini akan menetas setelah 24jam dimasukkan kedalam akuarium Beri makan Larva ikan channa setelah dua hari menetas sebanyak tiga kali sehari

5. penebaran benih ikan

Setelah mendapatkan benih dari pihak pembibitan atau dari tangkapan lakukan aklimatisasi terlebih dahulu ini bertujuan agar benih tidak stres ketika ditaruh di kolam

Aklimatisasi benih dilakukan dengan meletakkan benih yang masih terdapat di dalam plastik ke dalam kolam biarkan selama beberapa waktu agar suhu air di dalam plastik sama dengan suhu air di dalam kolam.

BACA JUGA:Tips Cara Cepat Budidaya Ikan Guppy, Yuk Simak!

Lepaskan ikatan plastik secara perlahan lalu biarkan ikan didalam plastik keluar ke kolam setelah benih ikan sudah masuk ke dalam kolam ambil plastik kemasan benih dan buang.

Itu adalah cara terbaik benih ikan ke kolam terpal kolam tanah kolam beton dan lainnya Setelah proses penebaran benih selanjutnya kamu hanya perlu melakukan perawatan.

6. Memberikan pakan ikan channa secara rutin

Langkah berikutnya yang amat penting bagi tumbuh kembang ikan adalah dengan memberi pakan, pemberian pakan perlu dilakukan secara rutin.

Sumber: