Ingin Tau Manfaat Jus Timun? Simak Penjelasan 10 Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh!

Ingin Tau Manfaat Jus Timun? Simak Penjelasan 10 Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh!

jus timun - sumber freepik--

SILAMPARITV.CO.IDBuah timun sering kali dijadikan lalapan sebagai pelengkap pada menu pecel lele atau ayam goreng. Selain dapat dimakan langsung, timun juga bisa diolah menjadi jus. Minum jus timun secara rutin dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Manfaat pada jus timun yang cukup populer adalah menghidrasi tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan air yang tinggi pada timun. Selain itu, jus ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal berbagai penyakit.

Manfaat jus timun sendiri diperoleh dari kandungan nutrisi buah timun (Cucumis sativus) yang melimpah. Minuman jus timun ini mengandung air, serat, protein, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, mangan, serta vitamin C dan vitamin K.

Berbagai Manfaat Jus timun untuk Kesehatan

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan

1. Melancarkan pencernaan

Selain tinggi akan kandungan air, buah timun juga memiliki kandungan pektin, yaitu serat yang larut di dalam air. Kedua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan melunakkan tinja sehingga mampu mencegah serta mengatasi sembelit.

2. Mengurangi berat badan

Rutin mengonsumsi jus timun bisa memangkas bobot tubuh. Ini karena timun tinggi akan serat dan air, tetapi juga rendah kalori. Makanya, tak heran jika segelas jus timun bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat pun jadi berkurang.

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan? Simak Penjelasannya Dibawah Ini!

3. Mengontrol gula darah

Timun adalah buah yang rendah dari indeks glikemik, karbohidrat, dan gula. Artinya, dengan mengonsumsi buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Karena manfaatnya itu, timun termasuk kedalam buah yang baik untuk penderita diabetes.

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan di dalam buah timun sangat banyak. Antioksidan diketahui dapat menangkal efek radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi jus timunn, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga kamu tidak mudah terkena penyakit.

Sumber: