Apa Itu Fobia? Ini Cara Mengatasi 3 Tipe Fobia

Apa Itu Fobia? Ini Cara Mengatasi 3 Tipe Fobia

Fobia merupakan bagian dari gangguan mental--

BACA JUGA:Sebuah Unit Mobil di Lubuklinggau Hilang, Pemilik Berharap Pelaku Segera Ditemukan

Berbeda dengan fobia spesifik, agorafobia dan fobia sosial, salah satu penyebabnya belum kita ketahui secara pasti. 

Peneliti mengambil keputusam bahwa penyebab dari agoraphobia dan fobia sosial adalah campuran dari beberapa faktor, seperti keturunan dan pengalaman hidup.

Salah satu jenis perawatan untuk fobia adalah Exposure Therapy atau Terapi Pemaparan, dengan Terapi pemaparan akan membuat si penderita fobia berhadapan langsung dengan penyebab fobianya.

Terapi pemaparan ini mungkin terdengar sangat ekstrem. Akan tetapi, tenang dulu, terapi ini tidak se-ekstrem yang diperkirakan orang, malahan terbukti sangat efektif apabila dilakukan dengan seorang ahli.

BACA JUGA:Lucinta Luna Ungkap Soal Keinginan untuk Bertobat dan Kembali Menjadi Muhammad Fatah

Terapi pemaparan dapat dilakukan secara langsung dan bisa juga hanya dengan membayangkan penyebab fobia dan dapat juga menggunakan teknologi virtual reality.

Pemaparannya sendiri dapat dilakukan secara bertahap. Dari tahap yang paling tidak menyeramkan hingga yang paling menyeramkan. 

Lama kelamaan, terapi ini dapat membantu penyandang fobia untuk menghadapi penyebab fobianya serta memproses perasaannya dengan lebih rasional.

Gangguan mental seperti fobia dapat membuat kita bertingkah dan berpikir secara tidak rasional. 

BACA JUGA:Musim Duren, Tempoyak Pilihan Tepat untuk Dimakan, Ini Cara Membuatnya

Walaupun fobia terlihat konyol bagi orang luar, bagi penyandang fobia, suatu fobia dapat menyebabkan stres, depresi serta kecemasan yang dapat membawa dampak serius apabila tidak dirawat secara spesifik.*

Sumber: