Yuk, Mulai Olahraga untuk Cegah Penyakit Berbahaya!

Yuk, Mulai Olahraga untuk Cegah Penyakit Berbahaya!

ilustrasi manfaat berolahraga untuk kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDOlahraga merupakan salah satu cara untuk hidup sehat. Olahraga ini bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental. 

Bagi penderita kanker, aktivitas olahraga juga cukup bermanfaat untuk mencegah atau mengatasi perburukan gejala. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang manfaat ini? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Dapat membantu pengobatan kanker

Kanker merupakan penyakit yang merenggut banyak nyawa. Siapa pun bisa terkena penyakit ini, dan jika tertular, sebaiknya segera menjalani pengobatan antikanker, seperti kemoterapi, terapi radiasi, atau pembedahan.

BACA JUGA:Membuat Tubuh Lebih Cepat Menua? Simak 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

Pengobatan dapat membantu mencegah tumbuhnya kanker dan bahkan menghilangkannya dari tubuh. Namun, pasien tidak hanya mengandalkan rawat inap untuk pulih dari penyakit ini. Penting juga untuk mengikuti gaya hidup sehat, seperti berolahraga.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang cukup bermanfaat sebelum, selama, dan setelah pengobatan kanker. Manfaat ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Sebaliknya jika pasien menghabiskan waktunya dengan duduk atau berbaring, fungsi tubuhnya menurun. Selain itu, otot melemah, berat badan bisa bertambah, dan rentang gerak tubuh juga berkurang.

Itu sebabnya olahraga juga penting bagi pasien kanker.

BACA JUGA:Menjelajahi Kekayaan Budaya Indonesia melalui 11 Cabang Olahraga Terpopuler

• Menurut situs American Cancer Society, manfaat olahraga sebelum, selama dan setelah pengobatan kanker antara lain

• Membantu tubuh dan otak bekerja lebih baik.

• Mengurangi kelelahan, salah satu gejala kanker yang paling umum.

• Mengurangi risiko depresi dan kecemasan.

Sumber: