Asyiknya Magang: Menemukan Keunikan Diri dan Membangun Kemandirian di Dunia Kerja

Asyiknya Magang: Menemukan Keunikan Diri dan Membangun Kemandirian di Dunia Kerja

ilustrasi manfaat magang di dunia kerja--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSebagai mahasiswa tentunya kamu bukan orang luar dan akan mendapatkan manfaat dari program magang atau di beberapa perguruan tinggi disebut Praktek Kerja Lapangan (PKL). Lantas, apa sebenarnya manfaat magang atau program PKL? Simak pembahasannya di bawah ini.

Sebelum mempelajari manfaat program magang, ada baiknya kamu  mengetahui apa itu magang. Selain itu, pemagangan dan pencari kerja magang ternyata diatur oleh peraturan formal berupa undang-undang. Lalu apa itu magang atau PKL?

1. Pengertian Magang atau PKL

Menurut artikel di situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, magang adalah kegiatan wajib yang dilakukan oleh mahasiswa studi perguruan tinggi sebagai syarat untuk memperoleh ijazah. Magang ditujukan untuk pelatihan profesi guna meningkatkan keterampilan tertentu di bidang khusus.

BACA JUGA:Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Pendidikan Anak: Akses, Kualitas dan Peluang

Sederhananya, magang atau PKL adalah kegiatan profesi pada suatu profesi yang dilakukan pada saat suatu instansi, organisasi, atau perusahaan menawarkan program magang secara kemitraan. dengan universitas-universitas besar.

Magang atau PKL sendiri di Indonesia diatur dalam beberapa undang-undang. 

Undang-undang ini dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi hak-hak peserta magang dan kontrak organisasi atau perusahaan untuk peserta magang. Lalu undang-undang apa yang mengatur tentang pembelajaran? Lihat penjelasannya di bawah ini.

2. Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

BACA JUGA:Unik! Mahasiswa Universitas Brawijaya Lakukan Penelitian Tentang Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Halo sobat Silampari tv, sekarang kalian sudah tahu apa itu pengertian magang dan beberapa peraturan terkait magang.

Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa dari magang? Berikut 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika magang.

1. Pengalaman kerja

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh dari magang adalah pengalaman kerja. Tentunya saat magang, Anda akan mendapatkan pengalaman yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya di sekolah.

Sumber: