Hindari 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Hindari 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan

ilustrasi kebiasaan makan buah--freepik

Rupanya mandi juga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Proses pencernaan membutuhkan darah dan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Ini Makanan yang Harus Dihindari Jika Gusi Bengkak

Namun, ketika seseorang mandi setelah makan, aliran darah yang seharusnya menuju sistem pencernaan dialihkan ke kulit untuk menjaga suhu tubuh saat mandi. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan.

4. Minum teh 

Banyak orang termasuk di Indonesia yang suka minum teh setelah makan. Faktanya, minum teh setelah makan memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Daun teh bersifat asam dan dapat mengiritasi sistem pencernaan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan kaya protein, asam dalam teh akan mengeraskan protein sehingga lebih sulit dicerna.

BACA JUGA:Apakah Kalian Pernah Mendonorkan Darah? Ini 3 Manfaat Donor Darah

Selain itu, minum teh setelah makan juga dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Disarankan untuk minum teh minimal satu jam setelah makan.

5. Tidur 

Tidur setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan. Saat seseorang tidur sesaat setelah makan, cairan pencernaan yang diproduksi di lambung naik ke kerongkongan dan bisa memicu asam.

Tidur setelah makan juga dikaitkan dengan banyak dampak negatif lainnya, seperti menurunkan metabolisme, menurunkan kualitas tidur, dan memicu obesitas.

BACA JUGA:Inilah7 Ide Membuat Sarapan Simpel dan Bergizi untuk Memulai Hari dengan Energi

Sumber: