Hindari 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Hindari 5 Kebiasaan Ini Setelah Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan

ilustrasi kebiasaan makan buah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMengonsumsi makanan bergizi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan apa yang kita lakukan setelah makan.

Pasalnya, ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya mengganggu proses pencernaan sehingga meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Kebiasaan yang harus dihindari setelah makan: 

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah makan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Makan buah-buahan 

BACA JUGA:Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang penuh dengan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, mengonsumsi buah-buahan setelah makan ternyata bisa memicu dampak yang buruk loh.

Mungkin makan buah sebagai terdengar seperti ide yang sehat. Faktanya, mengonsumsi buah bisa mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan yang baru saja Anda makan.

Ahli Gizi Manisha Chopra mengatakan buah-buahan yang dimakan setelah makan dapat bercampur dengan makanan lain di saluran pencernaan dan mencegahnya diserap tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengubah nilai gizi makanan yang Anda konsumsi.

2. Merokok 

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Merokok setelah makan merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari. Chopra mengatakan, risiko merokok setelah makan 10 kali lebih tinggi dibandingkan merokok biasa.

"Tembakau mempunyai dampak yang serius bagi kesehatan. Kita sudah tahu kalau rokok berbahaya bagi tubuh, tapi merokok setelah makan 10 kali lebih berbahaya. Rokok mengandung karsinogen yang dapat memperburuk sindrom iritasi usus besar dan memicu kolitis ulseratif,” ujarnya, seperti dikutip dari Healthshots.

 3. Mandi 

Sumber: