Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya

Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya

Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya--

SILAMPARITV.CO.ID - Baby blues merupakan suatu kondisi yang dialami sebagian besar ibu yang baru melahirkan.

Sedantgkan, mengingat ibu yang baru melahirkan cenderung mengacaukan jam tidur, kurang tidur, dan kurang waktu untuk diri sendiri.

maka dari itu,  tak heran jika banyak ibu-ibu yang baru melahirkan  mengalami depresi ringan dan perubahan suasana hati.

Setelah melahirkan, kadar hormon turun sehingga mempengaruhi suasana hati. Bayi baru lahir juga bisa terbangun terus-menerus sehingga ibu kurang tidur. Belum lagi, sebagian besar ibu merasa khawatir dalam mengurus bayinya sehingga menyebabkan ibu stres yang tidak kunjung teratasi.

Apa saja tanda, penyebab dan cara menghilangkan baby blues syndrome? Yuk, baca selengkapnya di artikel selanjutnya.

Apa itu sindrom baby blues

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Baby blues syndrome adalah perasaan tertekan yang dialami banyak wanita pada hari-hari setelah melahirkan. Kondisi ini biasanya muncul pada hari ke-2 atau ke-3 setelah melahirkan.

Baby blues biasanya berlangsung beberapa hari hingga 2 minggu. Empat dari lima orang tua baru mengalami baby blues atau sekitar 80 persen.

Kondisi ini bisa dialami oleh orang tua baru tanpa memandang jumlah kelahiran yang telah mereka lahirkan, tanpa memandang usia, pendapatan, budaya, atau tingkat pendidikan.

Baby blues dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, prosedur atau obat khusus.

Namun, jika gejalanya tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu atau bahkan memburuk, ibu bisa mengalami depresi pasca melahirkan.

BACA JUGA:Apakah Kalian Pernah Mendonorkan Darah? Ini 3 Manfaat Donor Darah

Hal ini karena sekitar 10% wanita mengalami depresi pasca melahirkan. Berbeda dengan baby blues, depresi pasca melahirkan merupakan masalah yang lebih serius dan tidak boleh diabaikan.

Sumber: