Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya

Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya

Pelajari Tentang Tanda-Tanda Baby Blues dan Cara Mengobatinya--

Pada awalnya, depresi pascapersalinan bisa terlihat seperti baby blues karena memiliki banyak gejala yang sama, termasuk perubahan suasana hati, mudah menangis, sedih, susah tidur, dan mudah tersinggung.

Bedanya dengan depresi pasca melahirkan, gejalanya lebih parah seperti putus asa, tidak berharga, merasa terputus dari bayi, bahkan ada pikiran untuk bunuh diri atau ketidakmampuan merawat bayi yang baru lahir.

Penyebab Baby Blues 

BACA JUGA:Inilah 7 Tips Menikmati Durian Tanpa Menyebabkan Mabuk

Penyebab banyak ibu baru mengalami baby blues hampir seluruhnya belum jelas. Namun diyakini ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya depresi ringan pada ibu pasca melahirkan, yaitu:

1. Perubahan hormonal 

Seorang wanita yang baru saja melahirkan, baik melalui vagina maupun operasi caesar, banyak mengalami penyakit. Tubuhnya peraturan

Perubahan kadar hormon selama kehamilan dan segera setelah melahirkan menjadi salah satu penjelasan mengapa sebagian wanita mengalami baby.

BACA JUGA:Jangan Sampai Sakit! Ini 4 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

2. Stres dalam merawat bayi baru lahir 

Stres dalam menyesuaikan diri menjadi ibu dan merawat bayi baru lahir juga menjelaskan mengapa wanita mungkin merasa lebih sedih atau cemas saat ini.

Kelahiran bayi merupakan perubahan besar dalam hidup dan dapat menimbulkan berbagai emosi, seperti kekhawatiran, ketakutan, dan keraguan apakah seseorang dapat memenuhi tuntutan peran baru tersebut.

Hal ini sangat normal sehingga wanita yang telah melahirkan harus diingatkan bahwa perasaan ini adalah normal dan harus didukung selama masa transisi.

BACA JUGA:Jangan Sampai Sakit! Ini 4 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

3. Kurang tidur 

Sumber: