8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

ilustrasi kulit kepala gatal--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenggaruk kepala, terutama dalam film kartun, seringkali digambarkan sebagai seseorang yang sedang berpikir atau mempunyai ide bagus.

Namun dalam kehidupan nyata, kulit kepala yang gatal terus-menerus bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang sakit.

Sebelum Anda bisa menghentikan rasa gatalnya, Anda perlu mencari tahu apa penyebabnya. Tapi bagaimana caranya? Dokter kulit Melissa Piliang, MD, menjelaskan penyebab umum dan pengobatan kulit kepala gatal.

8 penyebab paling umum kulit kepala gatal:

BACA JUGA:Kenapa Bekas Luka Cenderung Menghitam? Coba 5 Cara Ini untuk Menghilangkannya

Sayangnya, belum ada jawaban pasti mengapa kulit kepala bisa sangat gatal. Kita terkadang mengalami emosi yang menyakitkan ini karena berbagai alasan.

Dr. Piliang menguraikan beberapa kemungkinan penyebab untuk membantu Anda memahami apa yang mungkin menyebabkan rasa gatal Anda.

Reaksi terhadap produk rambut:

Kulit kepala Anda mungkin terasa gatal karena reaksi buruk terhadap sesuatu yang Anda gunakan pada rambut, misalnya pewarna. Dermatitis kontak adalah ruam yang terjadi ketika kulit bersentuhan dengan sesuatu yang menyebabkan iritasi atau alergi.

BACA JUGA:Ingin Terlihat Cantik dengan Wajah Halus? Ini 10 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Penyebab paling umum adalah paraphenylenediamine, bahan kimia dalam pewarna rambut. Namun produk lain juga bisa menjadi sumber dermatitis kontak.

Apa yang harus dilakukan:

"Reaksi alergi biasanya akan hilang dengan sendirinya jika Anda menghindari bahan kimia penyebab alergi," kata Dr. Piliang. “Ini mungkin sulit dilakukan sendiri, jadi Anda mungkin perlu meminta dokter kulit melakukan tes khusus untuk menentukan penyebab alergi Anda.”

Dermatitis seboroik

Sumber: