8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

ilustrasi kulit kepala gatal--freepik

BACA JUGA:5 Cara Jalan Kaki untuk Menurunkan Gula Darah dan Mencegah Diabetes

"Sampo obat yang mengandung tar batubara atau asam salisilat dapat membantu mengendalikan psoriasis kulit kepala," kata Dr. Piliang.

Jika cara ini tidak membantu, buatlah janji bertemu dokter kulit yang dapat meresepkan sampo yang lebih kuat dan kortison topikal.

Kurap

Kurap, disebut juga tinea capitis, adalah infeksi jamur yang dapat menginfeksi kulit kepala.

BACA JUGA:Mana yang Benar, Minum Yogurt Sebelum Atau Sesudah Makan? Cek di Sini!

Penyakit ini dapat menyebar jauh ke dalam folikel rambut, menyebabkan kerontokan rambut melingkar yang semakin parah seiring berjalannya waktu. Ruam mungkin tampak menonjol dan membentuk titik-titik hitam.

Apa yang harus dilakukan:

Jika kulitmu terkena kurap, kamu bisa menggunakan produk antijamur yang dijual bebas untuk menghilangkannya. Namun tidak demikian halnya jika cincin itu ada di kulit kepala.

"Karena organisme ini terletak jauh di dalam folikel rambut, Anda harus mengonsumsi obat antijamur oral untuk mengatasi masalah ini," jelas Dr. Piliang.

BACA JUGA:9 Jenis Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kutu

Serangga kecil ini dapat menyerang kulit kepala siapa pun, tidak hanya anak-anak - dan mereka sebenarnya lebih suka tinggal di rambut yang bersih, berlawanan dengan anggapan umum bahwa kutu disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Jika dilihat lebih dekat, kita bisa melihat telur-telur kutu kecil menempel di helaian rambut. Bentuknya agak mirip ketombe, namun tidak mudah dihilangkan karena “menempel” di batang rambut. Kutu dewasa bergerak di sekitar kepala, tetapi lebih sulit dikenali dibandingkan telur kutu.

Yang harus dilakukan:

Sumber: