8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya

ilustrasi kulit kepala gatal--freepik

BACA JUGA:Ingin Terlihat Cantik dengan Wajah Halus? Ini 10 Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Penyebab paling umum dari kulit kepala gatal adalah dermatitis seboroik, suatu kondisi kulit yang menyebabkan ketombe. Ini adalah respons peradangan tubuh terhadap pertumbuhan jamur yang berlebihan.

"Menyebabkan gatal dan pengelupasan," jelas Dr. Piliang. “Ragi biasanya hidup di kulit kepala dan area berbulu lainnya di tubuh. Masalah muncul jika jumlah ragi terlalu banyak.”

Apa yang harus dilakukan?

Untuk kasus yang lebih ringan, cobalah sampo yang dijual bebas yang mengandung selenium atau zinc pyrithione. Bahan-bahan ini membantu mengendalikan ragi.

BACA JUGA:Pilihan Makanan yang Sehat dan Bergizi Untuk Selingi Kegiatan Olahraga Anda

Dalam kasus yang parah, Anda mungkin perlu mendapatkan resep obat antijamur, kortison, larutan antijamur, salep, atau krim dari dokter Anda.

Biduran

Jika Anda pernah mengalami biduran - seperti di wajah, dada, atau lengan - Anda pasti tahu betapa gatal dan tidak nyamannya rasanya. Penyakit ini juga bisa terjadi pada kulit kepala.

Apa yang harus dilakukan:

BACA JUGA:Bahaya Jalan Kaki yang Berlebihan: Ketahui Dampaknya pada Kesehatan Tubuh Anda

Biduran sering kali hilang dengan sendirinya. Namun jika gejalanya tidak kunjung hilang atau Anda sering mengalaminya, inilah saatnya menemui dokter kulit.

Psoriasis Psoriasis kulit kepala adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan bercak merah bersisik di kulit kepala, yang juga dikenal sebagai plak.

Para ahli masih belum mengetahui secara pasti apa sebenarnya penyebab kondisi kulit ini, namun kemungkinan besar Anda akan mengalaminya jika ada anggota keluarga Anda yang mengidapnya. Namun penyakit ini tidak menular.

Apa yang harus dilakukan:

Sumber: