Catur Termasuk dalam Kategori Olah Raga Apa? dan Apa Manfaat Bermain Catur? Yuk Simak Artikel Berikut!

Catur Termasuk dalam Kategori Olah Raga Apa? dan Apa Manfaat Bermain Catur? Yuk Simak Artikel Berikut!

ilustrasi olah raga catur--freepik

SILAMPARITV.CO.IDApakah catur termasuk olah raga? Jawabannya ya, catur adalah olah raga. Menurut kamus Oxford, olah raga adalah setiap kegiatan yang melibatkan usaha fisik atau tenaga dan keterampilan dalam suatu permainan dimana setiap individu atau tim saling berkompetisi.

Jika dikaitkan dengan pernyataan tersebut, catur termasuk dalam olahraga karena aspek keterampilannya yang memerlukan strategi untuk memenangkan permainan dengan cara bertanding dengan individu yang bertanding melawan lawan.

Permainan ini juga memerlukan tenaga untuk menjaga tingkat konsentrasi yang tinggi dan kekuatan otak untuk mengatur permainan agar berjalan lancar dan sesuai strategi yang digunakan.

Dahulu catur merupakan permainan para bangsawan, kini semua orang bisa bermain catur di mana pun dan kapan pun mereka mau.

BACA JUGA:Ini dia 7 Tips Olahraga Bagi Moms yang Sudah Punya Balita

Olah raga ini merupakan Olah raga yang murah namun tidak mudah untuk mengalahkan lawannya karena permainannya membutuhkan taktik dan strategi.

Catur juga memiliki filosofi yang berbeda-beda karena bergantung pada budaya tempat yang mengamati permainan tersebut. Filsafat yang populer di Indonesia saat ini adalah filsafat catur Tiongkok, filsafat catur Jawa, dan filsafat catur Timur Tengah. Ketiga filsafat ini mempunyai pandangan yang berbeda karena adanya perbedaan budaya dan cara pandang.

Karena kerumitan permainannya, catur saat ini dikendalikan oleh organisasi internasional FIDE, atau Fédération Internationale des Échecs, atau Federasi Catur Dunia. Di Indonesia disebut Percas atau Persatuan Catur Seluruh Indonesia. Jadi apakah catur itu olahraga atau bukan?

Apakah Catur Termasuk Dalam Kategori Olah raga?

BACA JUGA:Inilah 10 Alasan Mengapa Olahraga Sangat Cocok Dijadikan Penyembuh Rasa Sakit Hati dan Kecewa

Berikut penjelasan International Olympic Committee (IOC) mengapa catur dianggap sebagai olahraga, yaitu:

1. Olah raga Otak

Salah satu alasan IOC menganggap catur sebagai olahraga adalah banyaknya penelitian yang dilakukan mengenai catur yang bermanfaat bagi perkembangan otak.

Akibatnya, ketika bermain catur, otak memerlukan energi yang cukup besar untuk berkonsentrasi cukup kuat dalam mengatur fase menyerang dan bertahan selanjutnya.

Sumber: