Catur Termasuk dalam Kategori Olah Raga Apa? dan Apa Manfaat Bermain Catur? Yuk Simak Artikel Berikut!

Catur Termasuk dalam Kategori Olah Raga Apa? dan Apa Manfaat Bermain Catur? Yuk Simak Artikel Berikut!

ilustrasi olah raga catur--freepik

BACA JUGA:Apa Manfaat Olahraga Lompat Tali? Cek di Sini!

2. Olahraga Strategi

Dalam olahraga ini diperlukan ketelitian dalam membaca permainan dan memprediksi pergerakan lawan. Sebab kedua hal tersebut menjadi pertimbangan penting dalam menentukan langkah selanjutnya serta menyusun taktik dan strategi yang tepat untuk beradaptasi dan mendominasi permainan.

Jadi betapa pentingnya memiliki strategi dan mengetahui strategi lawan sebelum bertanding berdasarkan pengalaman dan kemampuan saat lawan bertanding melawan orang lain.

Apa Saja Manfaat Yang Di Dapatkan Ketika Bermain Olahraga Catur?

BACA JUGA:Inilah 6 Olahraga untuk Moms, Cara Sehat Menjaga Kecantikan Kulit

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa catur merupakan olahraga yang sangat baik untuk kesehatan otak. Berikut kelebihan bermain catur diantaranya :

1. Meningkatkan Daya Ingat

Karena permainan catur cukup kompleks dan perlu dipahami, hal ini meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat gerakan lawan dan menentukan langkah mana yang harus dilakukan selanjutnya. Tentunya permainan asah otak ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memperhatikan lawan.

Hal ini didukung oleh penelitian Fariba Fattah, Tehran University of Medicine, Iran. Ia mengatakan dalam penelitiannya bahwa pemain catur memiliki kemampuan memori pendengaran yang cukup tinggi. Memori pendengaran adalah kemampuan mengingat apa yang dipelajari melalui indera pendengaran.

BACA JUGA:4 Jenis Olahraga yang Baik Bagi Lansia

2. Meningkatkan Kreativitas

Keuntungan lain dari bermain catur adalah meningkatkan kreativitas, karena melatih Anda memikirkan cara beradaptasi dan memainkan peran agar lebih fleksibel dan berbeda dalam setiap permainan.

Menurut penelitian Ebener Joseph dari University of Madras di India yang menunjukkan bahwa orang yang bermain catur dapat meningkatkan kreativitas. Kesimpulan tersebut diambil dengan membandingkan kelompok yang bermain catur dengan kelompok yang tidak bermain catur.

3. Mencegah Penyakit Sering Lupa Atau Pikun

Sumber: