Sering Kesemutan? Berikut Ini Ketahui 7 Penyebabnya

Sering Kesemutan? Berikut Ini Ketahui 7 Penyebabnya

ilustrasi kaki kesemutan--freepik

BACA JUGA:Ada Benjolan di Lehermu? Berikut 5 Kemungkinan Penyebabnya

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang dapat mengakibatkan kesemutan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, seperti daging, telur, dan produk susu.

5. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan saraf, yang pada gilirannya dapat menyebabkan sensasi kesemutan. Pantau tekanan darah Anda secara teratur dan konsultasikan dengan dokter jika perlu.

6. Kondisi Tulang Belakang

BACA JUGA:Inilah 5 Bahaya Merokok Setelah Olahraga

Penyempitan saluran tulang belakang atau hernia pada cakram intervertebralis dapat memberikan tekanan pada saraf tulang belakang, menyebabkan kesemutan. Posisi duduk yang baik dan rutin berolahraga dapat membantu mencegah masalah tulang belakang.

7. Suhu yang Ekstrem

Paparan suhu yang ekstrem, baik dingin maupun panas, dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan menyebabkan kesemutan. Gunakan pakaian yang sesuai dan hindari paparan yang berlebihan pada suhu ekstrem.

Kesemutan adalah respons alami tubuh terhadap berbagai faktor, dan sebagian besar waktu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. 

BACA JUGA:Tetap Ganteng di Bawah Sinar Matahari: 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Pria yang Efektif Melindungi Kulit Wajah

Namun, jika kesemutan terjadi secara terus-menerus atau disertai gejala lain yang mencurigakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Penting untuk selalu memperhatikan sinyal tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

 

Sumber: