Inilah 4 Jenis Obat - Obatan yang Harus Diwaspadai

Inilah 4 Jenis Obat - Obatan yang Harus Diwaspadai

ilustrasi obat-obatan yang harus diwaspadai--freepik

Banyak sekali penyebab penyalahgunaan obat yang mengandung zat berbahaya. Penyalahgunaan obat - obatan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Kuku dan Rambut untuk Tampil Menawan

1. Kebutuhan: Pertama, seseorang menggunakan zat adiktif untuk keperluan medis, misalnya setelah kecelakaan atau sakit lainnya. Kebutuhan ini kemudian berkembang menjadi ketergantungan seiring berjalannya waktu.

2. Kebiasaan: Terkadang orang menyalahgunakan zat karena kebiasaan. Mulai minum obat karena tidak bisa tidur, lalu minum obat tidur lebih banyak lagi.

3. Stres: Penyebab paling umum dari kecanduan obat - obatan adalah stres. Dimulai dengan penggunaan obat penenang dan kemudian menjadi ketergantungan.

4. Gangguan yang tidak terkendali: Lingkungan menjadi alasan utama seseorang tertarik untuk menggunakan zat berbahaya. Awalnya hanya sekedar interaksi sosial, namun lama kelamaan menjadi kecanduan yang sulit dihentikan.

Dampak Penyalahgunaan Zat

Ada beberapa bahaya penyalahgunaan narkoba atau obat-obatan terlarang yang perlu diwaspadai bagi kesehatan fisik dan mental.

BACA JUGA:Ini dia 7 Tips Agar Makeup Tahan Lama Seharian

1. Gangguan emosi : Sedih, cemas, marah, depresi bahkan gangguan jiwa

2. Gangguan fisik : gagal ginjal, kerusakan saraf, penurunan berat badan yang drastis atau serius, dan gagal hati.

Pencegahan dan pengobatan kecanduan obat - obatan

Untuk mencegah penyalahgunaan zat terlarang, setiap orang dianjurkan menggunakannya sesuai indikasi medis di bawah pengawasan dokter.

Jika Anda mempunyai masalah kesehatan mental, hindari penggunaan obat penenang tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog.

BACA JUGA:Ada Benjolan di Lehermu? Berikut 5 Kemungkinan Penyebabnya

Sumber: