7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

7 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

ilustrasi kolagen untuk kesehatan kulit--freepik

BACA JUGA:5 Manfaat Bayam untuk Kesuburan Wanita

5. Meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan sendi

Manfaat kolagen lainnya adalah dapat meningkatkan massa otot, mengingat kolagen merupakan salah satu komponen utama perkembangan jaringan otot.

Selain itu, peningkatan konsumsi kolagen juga dapat menurunkan massa otot. gejala osteoartritis (radang sendi kronis) dan nyeri sendi umum. Namun manfaat kolagen ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan bukti yang lebih pasti.

6. Berkontribusi pada penyembuhan luka

BACA JUGA:Simak 6 Bahaya Santan Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Salah satu fungsi kolagen adalah mempercepat proses penyembuhan luka dengan menarik sel kulit baru ke area kulit yang rusak. 

Dengan demikian, jaringan kulit baru beregenerasi lebih cepat dan kuat. Kolagen juga berguna untuk membangun jaringan di banyak bagian tubuh lainnya, seperti ligamen, tendon, dan otot yang cedera.

7. Memperlambat Pertumbuhan Rambut Beruban

Kolagen berperan sebagai antioksidan yang dapat memperlambat uban. Sebab, selain faktor genetik, paparan radikal bebas juga bisa mempercepat berkembangnya uban. 

BACA JUGA:Agar Tubuh Tetap Seimbangan, Ini Dia Cara Merilekskan Tubuh saat Bekerja

Sebagai antioksidan, kolagen juga bermanfaat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Itulah beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Anda dapat meningkatkan kolagen dengan mengonsumsi makanan kaya kolagen seperti putih telur, buah jeruk, sayuran hijau, dan lain-lain.

Sumber: