8 Risiko Polusi Udara Bagi Kesehatan, Penting untuk Dipahami!

8 Risiko Polusi Udara Bagi Kesehatan, Penting untuk Dipahami!

ilustrasi bahaya polusi bagi kesehatan--freepik

BACA JUGA:Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa, Ini Alasannya

7. Kelahiran prematur

Kualitas udara yang buruk juga memerlukan perhatian ibu hamil. Pasalnya, paparan polusi udara dapat menyebabkan berbagai masalah kehamilan, mulai dari bayi dengan berat badan lahir rendah hingga kelahiran prematur, kelainan paru-paru janin, bahkan kematian.

Hal ini dapat terjadi karena partikel udara yang buruk dapat mengendap di plasenta janin. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah untuk menghindari menghirup polutan.

8. Kanker Kulit

BACA JUGA:Belum Banyak Diketahui oleh Orang, Menanam Kemangi di Halaman Rumah Ternyata Bisa Bikin Hewan Ini Tidak Masuk

Risiko lain dari polusi udara adalah peningkatan risiko kanker kulit. Sebab, senyawa berbahaya pada polusi udara bisa terserap ke dalam kulit. 

Jika hal ini terus berlanjut dalam jangka waktu lama, risiko kanker kulit bisa meningkat. Kondisi ini bisa diperparah dengan paparan sinar UV setiap hari.

Tips Mengatasi Penyakit Pernapasan Akibat Polusi Udara

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan pernapasan ringan akibat polusi udara. Berikut penjelasannya masing-masing.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

1. Menggunakan semprotan hidung

Semprotan hidung adalah cairan pembersih hidung yang membantu meringankan masalah pernapasan akibat polusi udara. 

Cara penggunaannya cukup sederhana, yaitu dengan menyemprotkan obat semprot hidung ke lubang hidung sebanyak 2-3 kali sehari. Cairan ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun.

2. Perbanyak asupan cairan

Sumber: