8 Risiko Polusi Udara Bagi Kesehatan, Penting untuk Dipahami!

8 Risiko Polusi Udara Bagi Kesehatan, Penting untuk Dipahami!

ilustrasi bahaya polusi bagi kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPolusi udara adalah pencemaran udara dengan zat-zat berbahaya dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan baik bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya. 

Bahaya pencemaran udara antara lain kerusakan pada paru-paru, jantung, bahkan peningkatan risiko gangguan kehamilan pada ibu hamil.

Penyebab pencemaran udara adalah partikel debu atau asap kendaraan bermotor, senyawa sulfur dioksida (akibat dari pembakaran bahan bakar), untuk kelebihan partikel ozon di permukaan tanah. 

Mari kita simak lebih dekat bahaya polusi udara bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

BACA JUGA:Beberapa Jenis Kopi yang Aman untuk Maag dan Lambung, Ternyata Kopsus juga Sangat Bagus Dikonsumsi

Bahaya polusi udara bagi kesehatan tubuh

Dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia dapat menyebabkan penyakit atau gangguan pernafasan, seperti paru-paru.

Namun tak hanya itu, bahaya polusi udara juga bisa berdampak pada organ tubuh lainnya. Berikut penjelasan masing-masing.

1. Penyakit Mata

BACA JUGA:Berikut Resep Herbal untuk Mengobati Penyakit Amandel

Salah satu dampak kesehatan dari polusi udara adalah dampaknya terhadap mata. Pasalnya, polusi udara dapat menyebabkan gangguan mata seperti konjungtivitis, mata kering, bahkan glaukoma pada mereka yang terpapar. 

Untuk mencegahnya, kenakan kacamata atau kaca mata pelindung saat berada di luar ruangan, terutama di lingkungan sekitar dengan kualitas udara yang buruk. Jika Anda memiliki mata sensitif, usahakan selalu menggunakan obat tetes mata dan hindari terlalu sering menyentuh mata.

2. Batuk

Bahaya polusi udara berikutnya adalah dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang memicu beberapa gangguan kesehatan seperti mengi, pilek, sesak napas, batuk, dan sesak napas. 

Sumber: