Inilah 7 Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Inilah 7 Manfaat Sarapan Pagi yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

ilustrasi sarapan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSarapan merupakan rutinitas yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya, dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga berat badan ideal dan mengontrol gula darah dalam tubuh. 

Sayangnya, sebagian orang sering mengabaikan manfaat sarapan pagi dan tak jarang mereka mengasosiasikan sarapan dengan makan siang.

Melewatkan sarapan tentu sangat tidak disarankan karena bisa memicu gangguan kesehatan. Maka dari itu, yuk tingkatkan kesadaran akan pentingnya sarapan dengan mempelajari beberapa manfaat berikut ini.

Manfaat Sarapan bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:8 Cara Membuat Masker Wajah Alami yang Aman untuk Anak

Sarapan memberikan energi pada tubuh untuk berfungsi sepanjang hari. Oleh karena itu, menu sarapan sebaiknya banyak mengandung nutrisi, seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin, cairan, lemak, dan serat.

Selain itu, perhatikan porsi sarapan yang cukup. Satu piring sarapan idealnya mengandung 1/4 porsi karbohidrat, 1/4 porsi lauk pauk, dan 1/2 porsi buah dan sayur. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sarapan di bawah ini, lakukan hal berikut.

1. Memberikan energi untuk beraktivitas di siang hari

Karbohidrat pada sarapan dapat memberikan energi pada tubuh. Berkat pasokan energi tersebut, tubuh memiliki stamina yang cukup untuk menjalani hari.

BACA JUGA:6 Alasan Eksfoliasi Wajah dan Cara Mengatasinya yang Benar

Selain itu, karbohidrat membantu memulihkan kadar glukosa yang menurun saat tidur. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan glukosanya. Akibatnya badan mudah melemah.

2. Membantu Anda menjaga berat badan ideal

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa rutin sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, melewatkan sarapan membuat perut keroncongan sepanjang hari sehingga bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentu berdampak buruk, apalagi jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sumber: