Tips dan Trik Merawat Bunga Mawar agar Tetap Segar dan Indah

Tips dan Trik Merawat Bunga Mawar agar Tetap Segar dan Indah

bunga mawar--https://katadata.co.id/lifestyle/varia/65782f5d5c36f/7-arti-bunga-mawar-berdasarkan-warnanya

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik sederhana namun efektif untuk merawat bunga mawar Anda.

1. Pilih Mawar yang Segar

Langkah pertama dalam merawat bunga mawar adalah memilih bunga yang segar saat membelinya. Pilihlah bunga mawar yang memiliki kelopak yang rapat dan warna yang cerah. Pastikan tangkai mawar juga tidak terlalu kering atau terlalu lembek.

2. Potong Tangkai dengan Benar

Setelah Anda membawa pulang bunga mawar, segera potong ujung tangkai dengan pisau tajam secara diagonal. Potongan ini akan membantu mawar menyerap air lebih efisien dan tetap segar lebih lama. Pastikan untuk memotong tangkai di bawah air mengalir untuk mencegah gelembung udara masuk ke dalam batang.

BACA JUGA:Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan PNS dan ASN!

3. Bersihkan Vase secara Berkala

Jika Anda meletakkan mawar dalam sebuah vase, pastikan untuk membersihkannya secara berkala. Basuh vase dengan air hangat dan sabun, lalu bilas dengan air bersih sebelum mengisi kembali dengan air segar dan mawar yang telah dipotong.

4. Gunakan Air Bersih dan Segar

Ganti air dalam vase setiap hari atau setiap dua hari sekali untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat merusak mawar. Pastikan air yang digunakan adalah air bersih dan segar, dan jauhkan mawar dari sumber air yang tercemar atau terkena sinar matahari langsung.

BACA JUGA:Tips Menggoreng Bawang Merah Agar Lebih Renyah dan Tahan Lebih Lama

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Mawar lebih suka cahaya yang lembut daripada sinar matahari langsung. Letakkan vase mawar di tempat yang teduh namun terang, seperti di dekat jendela yang terhalang oleh tirai atau di sudut ruangan yang terang.

6. Potong Bunga yang Layu

Sumber: