Ini Dia cara Menanam Jagung Pakan Ternak, Jadi Peluang bisnis yang Menguntungkan

Ini Dia cara Menanam Jagung Pakan Ternak, Jadi Peluang bisnis yang Menguntungkan

foto jagung pakan--

4.Menanam Bibit Jagung 

Borlubang sedalam 5cm dan jarak 25cm, lalu tanam dua benih di setiap lubang. Atau, jika Anda menanam satu benih per lubang, beri jarak 15 cm.Masukkan benih jagung ke dalam lubang dan tutupi sedikit dengan bokashi. Saat menabur benih, harap mengairi pada musim kemarau.Pemupukan  Jagung Pemupukan memegang peranan penting pada jagung karena hasil tidak akan meningkat tanpa pemupukan.Pemupukan pertama dilakukan pada saat tanaman jagung berumur 15 hari setelah tanam (HST), dengan komposisi pupuk:  ZA 280 kg/ha + SP 100 kg/ha + Furadan 12 kg/ha.Cara ini dilakukan dengan cara menyebarkan pupuk, menutupnya dengan tanah, lalu menyiramnya.

 

PemupukBACA JUGA:Apakah Menangis Dapat Membatalkan Puasa? Ini Kata Buya Yahya!an kedua dilakukan pada 35 HST, komposisi pupuk : ZA 350 kg/ha + Phonska 200 kg/ha. Caranya sama dengan pemupukan pertama.Pemupukan ketiga atau topdressing dilakukan  50 HST, komposisi pupuk : Urea 350 kg/ha + Fonska 180 kg/ha.Caranya sama dengan pemupukan pertama.

5.Perawatan Tanaman Jagung 

Pemberian tanah bersamaan dengan pemupukan. Menghilangkan gulma dengan menyemprotkan herbisida.Penyemprotan pucuk daun jagung dengan insektisida furadan  pada  21 HST dan 40 HST untuk mencegah hama tandan bungaSiram jagung  setelah pemupukan  dan setiap dua minggu sekali setelah pemupukan terakhir

6.Pemanenan Jagung 

Apabila jagung dipanen pada tingkat kematangan yang benar (kematangan optimal), maka mutu tanaman jagung baik.Tanda-tanda jagung sudah siap/matang optimal untuk dipanen antara lain kulitnya menguning, bijinya keras, dan warna bijinya mengkilat.Jika ditekan dengan ibu jari, pot benih akan hilang. Dalam kondisi tersebut, kadar air  mencapai sekitar 35%.Penanganan pasca panen jagung Panen sebaiknya dilakukan pada hari cerah dan bukan pada hari hujan agar  pengeringan tidak terganggu.

BACA JUGA:Membuka Pintu Kesuksesan: Lima Skill Paling Dicari oleh HRD di Era Digital

Pemanenan jagung dilakukan secara sederhana dan umum, dengan hasil yang sangat baik, yaitu dengan memotong batang buahnya dan memutarnya dengan tangan atau  dengan sabit.Pada saat yang sama, potongan batang dan bagian tanaman lainnya dibiarkan di lahan dan dikubur di bawah tanah sebagai bahan.Jagung sebaiknya dipanen dalam bentuk tongkol dan sekam untuk menghindari resiko kerusakan biji jagung.Isolasi jagung yang tidak sehat atau berpenyakit dari lahan segera setelah panen untuk mencegah penyebaran hama dan penyakit.

BACA JUGA:Arti Nama Caca Kayla Azzahra, Bayi yang Ditemukan dalam Kardus di Lubuklinggau Bakal Membawa Kesuksesan

Segera keringkan dalam waktu 24 jam setelah panen. Jagung yang dikeringkan dapat berupa jagung kupas rebus, jagung kupas rebus, atau jagung kupas.

Sumber: