Pahami Tugas KPPS 1-7 dalam Pemilu 2024, Yuk Pelajari!

Pahami Tugas KPPS 1-7 dalam Pemilu 2024, Yuk Pelajari!

--

Tugas Anggota KPPS 5:

Anggota KPPS kelima memiliki dua tugas utama. Pertama, mereka bertanggung jawab untuk mengarahkan pemilih memasuki bilik suara kosong dan memberikan hak suaranya. Kedua, mereka membantu pemilih disabilitas atau yang memerlukan bantuan untuk memberikan suara, jika diminta oleh pemilih tersebut.

BACA JUGA:Stres? Coba Lakukan 5 Olahraga Ini untuk Mendapatkan Pikiran yang Tenang

Tugas Anggota KPPS 6:

Anggota KPPS keenam memiliki tiga tugas, yaitu membantu mengarahkan pemilih agar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai jenisnya, memastikan bahwa seluruh surat suara yang digunakan oleh pemilih dimasukkan ke dalam kotak suara, dan mengarahkan pemilih menuju meja KPPS 7 di dekat pintu keluar TPS.

Tugas Anggota KPPS 7:

Anggota KPPS ketujuh memegang peran penting dalam mengarahkan pemilih untuk mencelupkan salah satu jari tangannya ke dalam tinta.

BACA JUGA:Terapkan 4 Cara Ini Agar Kamu Tidak Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain!

Memastikan bahwa tinta sudah membasahi kuku jari, dan memastikan bahwa pemilih tidak menghapus tinta yang sudah menempel di jari tangan. Setelah itu, mereka mempersilakan pemilih keluar dari TPS.

Dengan menjelaskan tugas masing-masing anggota KPPS, dapat dipahami bahwa setiap anggota memiliki peran uniknya dalam menjalankan proses pemilihan, memastikan integritasnya, dan memberikan bantuan kepada pemilih yang membutuhkan.

Sumber: