Peran Orang Tua dalam Mencegah Perundungan dan Kekerasan di Sekolah

Peran Orang Tua dalam Mencegah Perundungan dan Kekerasan di Sekolah

ilustrasi perundungan--freepik

BACA JUGA:Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Pendidikan Anak: Akses, Kualitas dan Peluang

Memuat kebudayaan sebagai wujud identitas masyarakat dengan menjaga nilai-nilai luhur adat istiadat yang dominan.

Kepribadian seorang anak juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan kebiasaan umum.

Misalnya, jika seorang anak dilahirkan dalam masyarakat yang penuh dengan pemabuk maka kemungkinan besar ia akan menjadi pemabuk dan sebaliknya, jika seorang anak dilahirkan dalam masyarakat yang positif maka ia akan memperoleh nilai-nilai positif yang menentukan keadaan mentalnya.

Contoh lainnya adalah di kota-kota besar seperti Jakarta, kegiatan tawuran sering terjadi karena beberapa desa di Jakarta rutin mengadakan tawuran antar desa. 

BACA JUGA:Unik! Mahasiswa Universitas Brawijaya Lakukan Penelitian Tentang Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Hal ini memberikan contoh yang buruk bagi anak-anak, sehingga banyak terjadi kasus perkelahian antar siswa hingga berujung pada kematian.

Jadi bisa kita sepakati bahwa pembentukan kepribadian anak atau siswa dimulai dari keluarga, yaitu lingkungan pertama tempat anak belajar tentang dunia. 

Orang tua sebagai role model bagi anak-anaknya tentunya harus memiliki kapasitas yang cukup agar anaknya menjadi generasi yang dapat diandalkan di masa depan.

Sekolah dan guru juga harus bisa bekerja sama demi keberhasilan anak atau siswa agar nilai-nilai baik tetap terjaga dan tertular.

BACA JUGA:Ini dia 3 Tips untuk Mengatasi Rasa Bosan Kamu di Sekolah

 

Sumber: