Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Pakai Baby Oil untuk Kulit Bayi

Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Pakai Baby Oil untuk Kulit Bayi

ilustrasi bayi--freepik

1. Melembabkan kulit

Manfaat baby oil yang pertama adalah dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit bayi. Baby oil mengandung minyak mineral yang berfungsi sebagai emolien yang mencegah air menguap dan mengunci kelembapan pada permukaan kulit bayi.

Selain itu, baby oil ini bersifat nonkomedogenik sehingga tidak menyumbat pori-pori dan dianggap aman untuk bayi dengan kulit sensitif.

BACA JUGA:7 Tips Agar Tidak Mudah Kelaparan, Menu Diet yang Wajib Diketahui

2. Membantu meredakan ruam

Khasiat baby oil lainnya pada kulit bayi adalah dapat membantu meredakan ruam merah akibat ruam popok (dermatitis popok/napkin). 

Jika Anda menggunakannya secara rutin setelah mandi, Anda akan mendapatkan manfaat baby oil untuk bayi. Namun, pastikan area kulit yang mengalami ruam popok dalam keadaan kering saat menggunakan baby oil.

3. Terhindar dari resiko lecet lipatan kulit

BACA JUGA:Waktu Terbaik Mengonsumsi Vitamin Menurut Para Ahli

Akibat gesekan kulit dengan kulit, bayi seringkali mengalami luka atau lecet pada lipatan kulitnya. Untuk menghindarinya, disarankan untuk menggunakan baby oil secara rutin pada area lipatan kulit bayi, seperti lipatan leher, lengan, kaki, dan belakang telinga.

Selain menghindari risiko lecet, penggunaan baby oil juga dapat membantu membersihkan kotoran yang terperangkap di lipatan kulit bayi.

4. Menenangkan bayi

Baby oil biasanya memiliki tekstur dan aroma yang lembut sehingga membuat bayi nyaman. Oleh karena itu, inilah salah satu manfaat baby oil yang sayang untuk dilewatkan, karena saat si kecil merasa rileks, ia tidak mudah tegang dan marah.

BACA JUGA:Siapa yang Jarang Mandi? Para Ahli Peringatkan 5 Masalah Ini Bisa Terjadi

5. Membantu pengobatan cradle cap

Sumber: