Nutrisi yang Terkandung dalam Labu Kuning dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Nutrisi yang Terkandung dalam Labu Kuning dan 10 Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat labu kuning untuk kesehatan--freepik

Berkat banyaknya nutrisi yang terkandung dalam labu kuning, buah ini menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasan masing-masingnya.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat labu kuning yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan mata. Labu kuning kaya akan vitamin A serta antioksidan lutein dan zeaxtin yang diduga dapat mengurangi katarak dan degenerasi makula.

Vitamin A dapat membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Asupan vitamin A yang cukup dapat menjaga fungsi retina. Hal ini karena degenerasi retina dapat menyebabkan kehilangan penglihatan bahkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

BACA JUGA:Bingung Anak Susah Makan? Berikut Rekomendasi Susu untuk Meningkatkan Nafsu Makan

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat Labu Kuning bagi kesehatan jantung berasal dari kandungan potasium, serat, dan antioksidannya. Kalium bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Namun serat dan antioksidan dapat menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan kadar kolesterol membantu mencegah penyumbatan pada arteri jantung akibat plak kolesterol.

Namun manfaat tersebut dapat diperoleh secara maksimal bila dibarengi dengan pola makan yang sehat dan seimbang, mengurangi konsumsi garam dan lemak, serta rutin berolahraga.

BACA JUGA:Rahasia Dibalik Kulit Manggis untuk Kecantikan Kulit

3. Nutrisi yang baik

Salah satu manfaat labu kuning yang sayang untuk dilewatkan adalah dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat. Hal ini menjadikan labu kuning sebagai salah satu makanan yang direkomendasikan untuk diet penurunan berat badan.

Labu kuning juga tinggi serat sehingga mampu memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Merasa kenyang lebih lama menjadi salah satu solusi menghindari keinginan mengonsumsi berbagai camilan manis yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan kadar gula tubuh.

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Berikut Penjelasannya!

Sumber: