Mengenal Udon, Kuliner Jepang yang Wajib Untuk Dicoba!

Mengenal Udon, Kuliner Jepang yang Wajib Untuk Dicoba!

udon, makanan khas Jepang--cookpad

SILAMPARITV.CO.IDApa itu Udon? Udon merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan diolah dengan berbagai variasi untuk menciptakan cita rasa yang khas. 

Berbeda dengan mie pada umumnya, Udon lebih kental dan keras. Udon biasanya dibuat dengan kuah bening atau kuah ashi, shoyu, dan miso.

Meski terlihat mirip dengan soba karena bentuknya yang kental, udon biasanya berwarna putih karena terbuat dari tepung terigu. Polygon memiliki ciri warna yang lebih gelap karena terbuat dari tepung soba.

• Jenis-Jenis Udon Berdasarkan Penyajiannya

BACA JUGA:5 Kuliner Surabaya, Wajib Coba Ketika Berkunjung Kesana

Udon sudah lama menjadi makanan khas Jepang karena harganya yang murah dan bisa dijadikan pengganti nasi. Udon biasanya disajikan dengan saus yang berbeda atau cara pembuatan yang berbeda. Ada yang disajikan panas atau dingin.

Udon yang disajikan panas antara lain udon rebus, udon kama-age, udon Bukkake, dan udon nikomi. Sedangkan udon yang disajikan dingin adalah hiyashi udon, zaru udon, dan sarada udon.

• Udon Rebus

Udon rebus adalah cara memasak udon dengan cara ditiriskan dan dimasukkan ke dalam mangkuk. Udonnya kemudian diberi saus pedas dan ditambahkan topping.

BACA JUGA:Wajib Coba! Ikan Salai Khas Muara Enim, Sumatera Selatan

Udon Rebus tanpa bahan tambahan disebut Kakeudon (wilayah Kanto) dan Su-udon (wilayah Kansai).

• Kama-Age Udon

Jika Udon yang sudah matang ditiriskan terlebih dahulu, maka Kama-age udon bisa langsung disajikan di wajan tanpa ditiriskan. Cara menyantapnya adalah dengan mengambil udonya dengan sumpit dan mencelupkannya ke dalam kuah di wadah terpisah.

• Bukkake Udon

Sumber: